Hotline 082116146664
Informasi lebih lanjut?
Home » Uncategorized » Festival Hantu Setiap Awal Bulan Tujuh di Phuket

Jika sedang membicarakan Phuket maka sudah pasti kita akan langsung tertuju pada bentang alam Phuket yang dikelilingi dengan deretan perbukitan dan pantai yang indah. Selain keindahan alam Phuket tentu Phuket juga dianugerahi dengan keindahan lainnya seperti bereanekaragamnya etnis, budaya dan tradisi yang juga layak untuk dibicarakan. Salah satu tradisi yang selalu diadakan di Phuket adalah festival Por Tor atau festival hantu lapar. Festival ini biasanya diadakan pada awal bulan tujuh pada kalender cina. Artinya festival ini selalu diadakan pada awal bulan Agustus atau September di kuil-kuil cina yang ada di seluruh pulau Phuket. Tujuan diadakannya festival ini adalah untuk menghormati para leluhur dengan memberikan mereka sesajen.

Image by andy_helbing_photography

Festival hantu lapar merupakan festival yang diadakan setiap tahunnya oleh etnis China yang tinggal di Phuket. Por Tor festival berasal dari kepercayaan dan tradisi para penganut aliran taoisme. Taoisme adalah aliran filsafat kuno dari China yang memuja dewa, roh dan leluhur. Mereka melakukan pemujaan ini untuk menunjukan penghormatan mereka pada leluhur dan untuk mendapatkan berkat dari dewa. Mereka merayakan festival hantu lapar pada awal bulan tujuh dikarenakan mereka mempercayai bahwa pada waktu tersebut gerbang akhirat sedang dibuka sehingga semua arwah orang yang sudah meninggal akan dengan bebas mengunjungi bumi.

Selain memiliki makna religius bagi komunitas etnis China di Phuket, Por Tor festival juga merupakan sarana bagi para anggota keluarga dari etnis China di Phuket untuk berkumpul bersama dan merayakan festival tersebut sekaligus sebagai sarana untuk menunjukan warisan kebudayaan China kepada masyarakat sekitar. Salah satu keunikan dari perayaan festival ini adalah mereka yang merayakan festival ini akan menerapkan gaya hidup vegetarian dimana mereka akan menahan diri untuk tidak memakan makanan yang berbahan dasar daging atau yang mengandung daging. Mereka juga harus menahan diri untuk tidak mengkonsumsi sayuran yang pedas. Tujuannya adalah untuk membersihkan tubuh mereka dan menunjukan penghormatan mereka kepada arwah orang yang sudah meninggal dunia. 

Image by firdauslatif from Instagram

Salah satu festival  Por Tor yang tidak boleh dilewatkan di Phuket adalah festival hantu lapar Seng Teng Bel Shrine yaitu festival hantu lapar yang diadakan di adakan di kuil Seng Tek Bel yang berlokasi di Bann Bang Neow School. Festival tersebut merupakan festival hantu lapar terbesar karena diadakan selama tujuh hari tujuh malam. Biasanya pada saat festival akan ada parade dimana masyarakat akan memakai kostum tradisional. Para gadis akan mengenakan baju tradisional China berwarna merah. Selama parade mereka akan membawa bunga, buah dan turtle cake ke kuil. Selain itu akan ada properti seperti patung dewa dan beberapa orang akan berpakaian seperti roh leluhur yang berjalan diiringi dengan musik. Pasar Ranong yang terletak diarea festival juga menjadi salah satu area yang sibuk selama pagelaran festival tersebut. Seluruh area pasar biasanya akan dihiasi dengan ornamen-ornamen khas dari festival hantu lapar. 

Image by firdauslatif from Instagram

Melepaskan lentera langit selama festival merupakan isyarat simbolis yang diyakini dapat mengirimkan pesan kepada leluhur dan membimbing roh kembali ke akhirat. Ini melambangkan hubungan antara alam duniawi dan spiritual. Festival Por Tor, dengan perpaduan unsur agama, budaya, dan komunitas, mencerminkan tradisi abadi Taoisme Tiongkok dan pentingnya menjaga hubungan dengan leluhur. Acara ini telah berkembang selama berabad-abad dan terus menjadi acara budaya dan keagamaan yang penting bagi komunitas China di Phuket dan sekitarnya.

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

5 Lokasi Syuting Drama Korea Populer di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

21 September 2023 522x Korea

Siapa yang disini kdrama addict? Jalan cerita yang menarik dan sulit untuk ditebak membuat drama korea semakin populer saat ini. Apalagi para aktor dan aktrisnya yang sudah tidak perlu diragukan lagi visualnya. Waduh, siapa yang nggak betah nonton coba? Selain hanya bisa menonton di layar, Anda kini berkesempatan untuk menyaksikan secara langsung lokasi syut... selengkapnya

Yedigöller (Seven Lakes) National Park, Wisata Autumn Terbaik di Turki

8 September 2020 1.996x Turki

  View this post on Instagram   A post shared by Serhat Bozkurt (@hserhatbozkurt) on Sep 8, 2020 at 3:35am PDT Berbicara tentang Turki, tidak akan habis cerita beragam destinasi wisata nan cantik yang selalu membuat takjub siapapun yang berkunjung ke negara ini. Nah kali ini mari Kita bahas sebuah taman yang memiliki panorama luar... selengkapnya

Story of Phuket Old Town: Kota Tua Yang Dulunya Pernah Berjaya

15 November 2023 267x Uncategorized

Kota Tua Phuket merupakan kawasan yang menawan dan kaya akan sejarah. Kota ini menyimpan warisan budaya unik yang dimiliki oleh Phuket. Kisah kota tua ini selalu bersinggungan dengan keragaman budaya, tradisi, dan warisan abadi para penduduk yang menempati di awal kemunculan kota ini. Pada dasarnya sejarah Phuket di mulai pada abad ke -1 Masehi dimana... selengkapnya

Kantor Kami

AYANA GLOBAL GROUP

PT. PENGEN LIBURAN INDONESIA


Kantor Marketing:
Graha Krama Yudha Lantai 3, Duren Tiga, Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760


Kantor Operasional:
Jl. NGADISURYAN NO. 7A, YOGYAKARTA, 55153

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.