Hotline 082116146664
Informasi lebih lanjut?
Home » Turki » 5 FAKTA TURKI yang BIKIN TAKJUB dan PENGEN MAMPIR

Turki, selain unik karena berlokasi di Asia dan Eropa, negara ini juga memiliki beragam hal-hal menarik lainnya. Misalnya, gadis-gadis yang berasal dari Turki terkenal dengan kecantikan parasnya. Namun selain itu, banyaknya bangunan bersejarah, keindahan alamnya yang memukau, kebudayaannya yang unik, kulinernya, serta keberadaan Grand Bazaar sebagai pusat wisata belanja membuat Turki juga semakin dikagumi.

Dengan masa lalu yang unik, Turki menjadi sebuah negara warisan sejarah peradaban islam dunia. Negara ini terbentuk pada masa kerajaan Dinasti Ottoman dan menjadi saksi dari kehidupan dahulu kala. Bukti dari sejarah-sejarah tersebut pun masih dapat Kita saksikan melalui berbagai bangunan bersejarah di Turki. Nah, yukk simak 5 fakta unik tentang Turki berikut ini:

 

  1. Grand Bazaar Turki adalah Pasar Tertua & Terbesar di Dunia

[sumber foto]

Dengan luas mencapai 40.000 m2 dan berusia lebih dari 500 tahun, Grand Bazaar menjadi pasar tertua dan terbesar di dunia. Blok-blok toko yang berada di pasar ini dipisahkan oleh jalan yang menyerupai lorong bawah tanah, dan dipenuhi dengan nilai seni dari beragam lukisan yang indah juga kerlap-kerlip cahaya, serta dengan beragam pernak-pernik dan oleh-oleh khas Turki yang harganya terjangkau. Grand Bazaar menjadi surga belanja di kota Istanbul.

 

 

  1. Santa Klause lahir di Turki

[sumber foto]

Santa Clause atau Sinterklaas adalah figure terkenal yang berasal dari Saint Nicholas, dilahirkan di Patara tahun 270. Patara merupakan wilayah yang masuk dalam Kekaisaran Romawi, yang saat ini menjadi wilayah kedaulatan Turki. Dahulu kala Santa Claus dikenal sebagai figure orang suci yan membantu rakyat miskin dan kelaparan di kawasan Myra. Sehingga namanya dikenal Saint Nicholas dari Myra.

 

 

  1. Tulip berasal dari Turki

[sumber foto]

Tulip, pertama kali ditumbuhkan di tanah Turki. Bunga ini ditanam oleh orang-orang dinasti Ottoman. Warga Turki sudah membudayakan Tulip sejak abad 10 sebagai bahan obat-obatan. Barulah pada 1590, Tulip dibawa ke Belanda untuk penelitian bahan obat-obatan oleh direktur taman Botani Leiden, Corolus Clausius.

 

 

  1. Alvabet Turki tanpa huruf X,Q,dan W

[sumber foto]

Jumlah huruf dalam alphabet Turki sendiri yaitu 29 buah, lebih banyak 3 huruf daripada alphabet latin pada umumnya. Namun dalam alphabet Turki, tidak terdapat huruf X,Q, dan W.

 

 

  1. Memiliki 10 Kekayaan Warisan Dunia Unesco

[sumber foto]

Ada 10 tempat wisata di Turki yang menjadi warisan sejarah dunia yang diakui Unesco, diantaranya yaitu Reruntuhan Afrodisias, Kota Kuno Ephesus, Patung Besar Nemrut, Taman Nasional Goreme, Kota Batu Hattusa, Ibukota Istanbul, Benteng Pamukkale, Masjid Raya, dan Rumah Sakit Divrigi, serta Reruntuhan Xanthos-Letoon Troya.

 

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

5 Oleh-oleh Kekinian Khas Jogja yang Wajib Dibawa Pulang

20 October 2017 2.888x Blog, Jogjakarta, Uncategorized

Siapa sih yang nggak tau bakpia? Setiap berkunjung ke Jogja, pasti kita akan berburu bakpia untuk dijadikan oleh-oleh khas Jogja. Mulai dari varian kumbu hitam, cokelat, keju, dll semua tersedia sesuai selera kita. Nah, kalau sekarang bakpia dikreasikan menjadi oleh-oleh yang lebih kekinian. Bukan cuma bakpia aja lho, aneka produk kuliner lain juga menjadi o... selengkapnya

Tren Wisata di Era NEW NORMAL: STAYCATION, GLAMPING, BERSEPEDA

4 December 2020 1.431x Blog

Meskipun covid-19 masih terus mewabah, namun aktivitas wisata sudah mulai bernafas kembali di masa New Normal saat ini. Hal ini memnyebabkan trend wisata di era New Normal mulai bermunculan. Melansir dari Tempo.co, Jakarta (Kamis, 13 Agustus 2020), berikut trend wisata di era New Normal.   STAYCATION Staycation merupakan gaya liburan yang dekat dengan d... selengkapnya

Fun Fact Phuket Island 

20 October 2023 214x Uncategorized

Phuket merupakan salah satu destinasi wisata popular dari negeri gajah putih. Berbicara tentang Phuket tentu tidak bisa dipisahkan dari pemandangan alam yang eksotis berupa perpaduan pantai pasir putih dan warna biru air yang menenangkan mata. Tapi tahukah kamu jika Phuket memiliki sederet fakta menarik yang harus kamu tahu.  Sebagian Besar Wilayah Phuket M... selengkapnya

Kantor Kami

AYANA GLOBAL GROUP

PT. PENGEN LIBURAN INDONESIA


Kantor Marketing:
Graha Krama Yudha Lantai 3, Duren Tiga, Jakarta, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760


Kantor Operasional:
Jl. NGADISURYAN NO. 7A, YOGYAKARTA, 55153

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.