Wisata Kuliner Pallubasa, Makanan Khas Makassar

pallubasa

Pallubasa adalah sebuah makanan tradisional yang berasal dari kota Makassar. Pallubasa terbuat dari kerbau atau jeroan sapi. Jika dilihat secara sekilas memang pallubasa dengan coto Makassar hampir terlihat sama. Namun, keduanya sebenarnya berbeda.

Perbedaan tersebut terletak pada proses memasaknya. Bagi orang awam mungkin sulit membedakan antara pallubasa dengan coto Makassar. Keduanya adalah makanan khas kota angin Mamiri dan memiliki presentasi yang mirip. Namun soal rasa, pallubasa dan coto sangatlah berbeda. Jeroan untuk pallubasa direbus dalam waktu yang lama. Setelah matang, jeroan plus daging diiris dan dihidangkan dalam mangkuk. Jika coto Makassar dimakan bersama ketupat, pallubasa menggunakan nasi putih.

Di kota Makassar, penjual Pallubasa yang paling terknela adalah Pallubasa serigala. Penamaan serigala ini bukan karena pallubasa dibuat dengan bahan berupa jeroan serigala namun karena pallubasa tersebut berlokasi di Jalan Serigala. Sebenarnya, nama asli dari warung pallubasa serigala ini adalah “Warung Pallubasa H. Haeruddin”.

Warung pallubasa ini memiliki tempat yang tidak begitu besar. Luas warung tersebut tidak sebandign dengan pengunjung yang berdatangan. Maka dari itu, jangan heran jika saat jam makan siang banyak pengunjung yang datang dengan berdesakan dengan pengunjung lainnya. Pembeli Pallubasa serigala seolah-olah tidak pernah berhenti mengalir dari semenjak buka pada pukul 9 pagi hingga 8 malam. Mereka semua ingin merasakan pallubasa yang enak dan mengenyangkan ini.

Jika ingin merasakan wisata kuliner khas Makassar, maka Pallubasa adalah tujuan yang tepat bagi para wisatawan. Rasa rempah dari Pallubasa sangat gurih. Pallubasa sangat enak jika dikonsumsi ketika masih mengepul karena begitu masuk kerongkongan hangat dari kuah Pallubasa akan terasa. Bahkan, rasa rempah-rempahnya akan tetap menempel selama beberapa menit.

Rasa inilah yang membuat para konsumen yang ketagihan dan menambah lagi Pallubasanya untuk memuaskan lidah dan perutnya. Satu porsi Pallubasa biasanya berisi daging, jeroan, otak, kuning telur dan kuah yang ditaburi kelapa goreng. Di warung Pallubasa serigala, pallubasa disajikan dalam mangkuk besar seperti mangkuk di warung soto Kudus. Untuk 1 porsinya, biasanya Pallubasa dihargai sekitar 18 ribu rupiah.

About the Author

Leave A Response