Wisata Kuliner Konro Bakar Karebosi Makassar

sop konro

Konro bakar adalah salah satu kuliner khas Makassar. Liburan ke Makassar tanpa mencicipi konro bagaikan sayuran tanpa garam. Di kota Makassar, konro bakar yang paling populer adalah Rumah Makan Sop Konro Karebosi yang berada di jalan Gunung Lompobattang no. 41.

Tempat makan ini menyediakan menu sop konro, konro bakar, sop kikil dan sop campur. Rasa konro bakar di rumah makan tersebut sangatlah lezat. Apalagi dengan satu porsi sekali makan konro bakar di rumah makan ini tergolong cukup besar. Dengan pilihan iga sapi yang tidak sembarangan, rasa konro bakar sangatlah lezat.

Tulang yang masih berbalut daging sapi disajikan dengan guyuran bumbu kacang dan kuah sup konro berwarna kehitaman yang khas. Begitu daging sapi-nya digigit, maka seketika itu dagingnya terlepas dari tulang. Rasanya sangat lunak dengan bumbu yang meresap hingga bagian yang paling dalam. Perpaduan antara bumbu kacang dengan daging iganya sangatlah pas. Kuah dari sopnya sangat kaya akan rempah. Untuk satu porsinya, tersedia sop konro dengan nasi panas yang sudah disediakkan.

Asal muasal konro bakar ini sebenarnya merupakan modifikasi dari sup konro yakni masakan berkuah dengan warna coklat kehitaman. Salah satu bumbunya adalah buah kluwek yang menghasilkan warna hitam serta ketumbar untuk rasa yang kuat. Konro bakar biasanya disajikan saat masih mengepul panas dengan taburan bawang goreng diatasnya.

Sop konro karebosi ini adalah pilihan bagi para penggemar wisata kuliner. Maka dari itu, jangan heran jika warung makan yang ukurannya tidak terlalu luas itu selalu sesak dengan para pengunjung setiap harinya. Awalnya, sop konro karebosi ini berdiri pada tahun 1968 dan saat ini telah memiliki 1 cabang di Kelapa Gading, Jakarta.

Jangan sampai melewatkan rumah makan ini ketika kamu berkunjung ke Makassar. Yang mengagumkan dari rumah makan ini adalah pada tahun 2012 sop konro karebosi mendapatkan 2 penghargaan sekaligus, yakni penghargaan sebagai Makassar Most Favourite (MMF) Award Culinary dan predikat sebagai makanan favorit di kota Makassar untuk katagori konro dengan Most Favorite Indeks (MFI) sebesar 75,33%.

About the Author

Leave A Response