Wisata Jepang Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo

wisata jepang tsukiji fish market tokyo

wisata jepang tsukiji fish market tokyo

Pasar Tsukiji (Tsukiji Shijō) merupakan pusat grosir besar yang menyediakan ikan, buah-buahan, dan sayuran di pusat kota Tokyo. Tempat ini paling terkenal di antara lebih dari sepuluh pasar grosir yang menangani distribusi ikan, daging dan menghasilkan bunga di jantung metropolitan Tokyo. Tsukiji dikenal sebagai salah satu pasar ikan terbesar di dunia yang bertanggung jawab atas lebih dari 2000 ton produk laut per harinya. Pada musim semi 2016 nanti, diharapkan tempat ini akan dipindah ke lokasi baru di Toyosu.

Pemandangan dari beragam jenis ikan segar dan makanan laut lainnya, dan dijejali kesibukan dari skuter, truk, para penjual dan pembeli telah menciptakan lokasi ini sebagai daya tarik wisata. Bahkan, jumlah dari pengunjungnya meningkat begitu tajam beberapa tahun terakhir ini. Namun kepadatan para wisatawan cenderung tidak diantisipasi oleh infrastruktur pasar yang sebenarnya didirikan bukan untuk kepentingan wisata.

Kompleks Tsukiji meliputi sebuah pasar di bagian dalam, yang sering dijadikan pusat lelang bagi grosir-grosir di sana, dan pasar di bagian luar yang diisi oleh toko-toko eceran dan warung. Beberapa restoran juga ditemukan di bagian dalam pasar. Untuk menghindari persinggungan dengan aktivitas bisnis di sana, aturan-aturan berbeda harus dipatuhi ketika mengunjungi bagian-bagian tertentu dalam pasar.

Peta Pasar Tsukiji:

peta tsukiji market tokyo

peta tsukiji market tokyo

Mengunjungi Lelang Tuna
Jumlah pengunjung pelelangan tuna dibatasi hingga 120 orang perhari, jumlah maksimum yang mampu ditampung oleh infrastruktur pasar. Para wisatawan yang hendak melihat pelelangan harus mengajukan pendaftaran ke Osakana Fukyu Center (Pusat Informasi Ikan) di Gerbang Kachidoki. Mulai dari pukul 05.00 pada kedatangan pertama, pelayanan pertama (yang mungkin diawali lebih awal saat hari-hari sibuk). Kelompok pertama yang terdiri dari 60 pengunjung akan dimasukkan pada jam lelang antara pukul ) 05.25 dan 05.50, sedangkan kelompok kedua akan dimasukkan antara jam 05.50 dan 06.15.

pelelangan ikan tuna di tokyo

pelelangan ikan tuna di tokyo

Pada hari-hari sibuk, para pengunjung harus mulai berbaris rapi sebelum pukul 5, dan jumlahnya bisa melebihi kapasitas sehingga banyak pengunjung berikutnya yang tak bisa menyaksikan lelang. Pengunjung yang permohonannya diterima bisa menyaksikan pelelangan di lokasi yang telah ditetapkan. Mereka juga tidak diperbolehkan untuk menyaksikan lelang dari lokasi lain ataupun menggunakan kamera flash yang bisa mengganggu jalannya aktivitas bisnis.

 

Mengunjungi Lokasi Grosir
Lokasi grosir terdiri dari ratusan stand kecil di ruang yang luas dan sesak, di mana para penjual dan pembeli saling bergegas di sepanjang jalan sempit dengan gerobak dan truk. Lokasi ini merupakan kawasan yang menarik bagi para wisatawan yang sekadar ingin menyaksikan lelang atau mengabadikan momen dengan kamera, namun juga cenderung mengusik aktivitas dari para profesional yang sedang bekerja di sana.

bagian tsukiji tokyo grosir

bagian tsukiji tokyo grosir

Akibatnya, untuk mencegah kecelakaan dan gangguan bisnis, para wisatawan tidak diijinkan masuk ke dalam area grosir sebelum jam 09.00, di saat puncak kegiatan bisnis sedang berlangsung. Bahkan jika berkunjung setelah jam 09.00, para wisatawan tidak dianjurkan untuk tidak membawa barang apapun ke dalam pasar dan harus senantiasa waspada mengamati keadaan sekeliling demi menghindari aktivitas yang bisa menghambat jalan.

Mengunjungi Bagian Lain Pasar
Daripada memenuhi bagian dalam pasar, para wisatawan lebih dianjurkan untuk mengunjungi bagian luar pasar Tsukiji yang lokasinya berdekatan dengan bagian dalam, dan memang disediakan untuk kebutuhan publik. Bagian luar terdiri beberapa blok toko eceran dan restoran di sepanjang jalan sempit. Di sini Anda bisa menemukan semua jenis makanan, pisau, makanan laut segar yang disediakan dalam porsi yang lebih kecil.

bagian luar tsukiji pasar ikan tokyo

bagian luar tsukiji pasar ikan tokyo

Kunjungan ke Pasar Tsukiji akan sangat baik jika bisa menyempatkan waktu untuk menikmati sarapan atau makan siang dengan sushi segar di salah satu restoran lokal. Ada beberapa restoran yang terletak di bagian dalam dan luar dan biasanya mulai buka pada pukul 05.00 pagi hingga sekitar tengah hari atau sore.

Sebagian Kecil Aturan Umum Bagi Para Pengunjung Pasar Tsukiji
Karena Pasar Tsukiji merupakan lokasi bisnis yang sangat serius, para pengunjung harus mematuhi beberapa aturan tambahan berikut supaya tidak mengganggu aktivitas di sana:

  • Jangan memasuki area terlarang yang hanya petugas khusus yang diperbolehkan masuk!
  • Jangan menghalangi lalu lintas!
  • Jangan membawa tas atau koper besar ke dalam pasar!
  • Jangan masuk pasar dengan mengenakan high heel atau sandal!
  • Jangan membawa anak-anak kecil atau hewan peliharaan!
  • Jangan merokok di pasar!
  • Jangan menyentuh apapun!
pengunjung melihat aktifitas pelelangan tuna

pengunjung melihat aktifitas pelelangan tuna

Pasar Tsukiji terletak di bagian atas Stasiun Tsukiji Shijo di Jalur Subway Oedo. Atau lokasi itu dapat ditempuh selama lima menit jalan kaki dari Stasiun Tsukiji di Jalur Subway Hibiya. Stasiun JR terdekat adalah Shimbashi, di mana Anda dapat berjalan kaki ke pasar dalam waktu sekitar 15 menit.

Dari Stasiun Tokyo
Ambil Jalur Subway Marunouchi ke Ginza (3 menit), dan lanjutkan ke Jalur Subway Hibiya untuk sampai ke Stasiun Tsukiji (3 menit). Tarifnya 170 Yen.

Dari Stasiun Shinjuku
Ambil Jalur Subway Oedo langsung dari Stasiun Shinjuku menuju Stasiun Tsukiji Shijo. Perjalanan ini memakan waktu 20 menit dan biaya 260 Yen.

Jam dan Tarif
Jam
Pasar Bagian Luar: tergantung setiap toko, biasanya pukul 05.00 hingga 14.00
Area Grosir: terbuka bagi pengunjung setelah pukul 09.00
Pelelangan Tuna: terbuka untuk pengunjung dari pukul 05.25 hingga 06.15 (terbatas untuk 120 pengunjung/hari)
Tutup
Minggu, hari-hari libur nasional, dan beberapa hari Rabu. Lelang tuna biasanya tertutup untuk para wisatawan selama beberapa minggu setelah Tahun Baru (biasanya dari awal Desember hingga pertengahan Januari) untuk memastikan kelancaran aktivitas bisnis dan menghindari kecelakaan selama waktu-waktu sibuk tersebut.
Biaya
Gratis

Peta untuk memandu ke tsukiji

 

 

how to get tsukiji fish market tokyo

how to get tsukiji fish market tokyo

 

Source : www.japan-guide.comgoogle adwords что такоеhigh end escorts nycиндийские танцы братиславскаяaltezza танзаниямикрозаймы круглосуточноbachelorette parties sketchportuguese languageвзять деньги в долг курскпаучог советует ilovevitaly ruдам деньги в долг на кививзять деньги в долг в томскесафари тур африка пакет услугегипетденьги в кредит владикавказтуры на шри ланку из киевадержатель для ножей магнитныйtranslation english to turkishстоимость загранпаспортадеревянный дом канадские технологии.

About the Author

Leave A Response