Serunya Naik Balon Udara di Melbourne

 

Flight over Melbourne with Picture This Ballooning

Flight over Melbourne with Picture This Ballooning (Source: Picture This Ballooning)

Traveling ke Australia merupakan impian sebagian travellers. Terlebih lagi jika punya misi keliling dunia maka berkunjung ke Australia pasti masuk dalam bucket list. Negara yang terkenal dengan binatang Kangguru, suku aborigin dan boomerang-nya ini tentunya punya daya tarik sendiri untuk dijelajahi. Salah satu kota yang wajib disinggahi saat berada di negeri Kangguru ini adalah Melbourne. Ibukota negara bagian Victoria ini punya banyak cara seru untuk menikmati keindahan kota Melbourne, salah satunya adalah naik balon udara.

Jujur aja sebelumnya saya gak pernah kepikiran untuk naik balon udara di Melbourne. Selain harganya yang agak mahal untuk ukuran mahasiswa, tapi hot air balloon ride termasuk dalam ‘once in a lifetime experience bucket list‘ saya. Jadi mumpung lagi ada di Melbourne dan ada kesempatan untuk mencoba, kenapa nggak?

Nah buat kamu yang tertarik untuk naik balon udara di Melbourne, harus siap-siap bangun jam 4 pagi karena memang produk yang ditawarkan adalah sunrise flight yakni melihat matahari terbit dengan view Melbourne City. Salah satu perusahaan hot air balloon di Melbourne yang udah terkenal reputasinya di Melbourne dan punya rank yang oke di Tripadvisor adalah Picture This Ballooning. Harga yang ditawarkan adalah $435 (flights only – non-breakfast) dan $465 (Flights & champagne breakfast). Percaya deh, milih yang champagne breakfast ini bener-bener worth with the money alias cucok.

Nah, sebelum lanjut ngomongin serunya naik balon udara, sangat perlu diketahui kalau aktivitas ini sangat tergantung dengan kondisi cuaca. jadi ada kemungkinan kalau flightnya di cancel dan harus rebooking pindah hari yang lain. oleh karena itu, saranku sih lebih baik booking di hari pertama trip saat di Melbourne, sehingga kalau memang harus rebooking, waktunya masih bisa dipindah ke hari lain selama kalian nge-trip di Melbourne/Australia. Oke lanjut. Nah di sehari sebelum keberangkatan, WAJIB hukumnya untuk telpon ke pihak Balloon ride (+613 9038 8388) untuk memastikan jadwal apakah besok tetap akan berangkat atau nggak. Di hari H pertemuan dengan tim dan peserta lain adalah di Sofitel Building jam 04.45 ON TIME. Pastikan jangan telat kalau gak mau ditinggal. Lalu setelah peserta lengkap, bersama-sama ke tempat keberangkatan balon udara.

Sesampainya di lokasi keberangkatan, para peserta diminta untuk membantu mempersiapkan Balon udara. Ini sifatnya sukarela lho bukan paksaan, karena saya milih foto-foto daripada bantuin mereka.

Photo credit: Alya Mirza

Mempersiapkan Balon Udara (Alya Mirza/Pengenliburan)

Ternyata naik balon udara itu tidak seseram yang saya bayangkan. Tenang, smooth, trus gak kerasa udah sampai di ketinggian 4.000 kaki. Viewnya dijamin keren banget mulai dari MCG Stadium, Albert Park, Docklands, Yarra River dan lampu-lampu yang indah yang menandakan bahwa kota Melbourne masih tidur saat itu. Intinya adalah pengalaman naik balon udara itu bener-bener luar biasa keren. Selain itu, pilot saya, Jeff, menjelaskan tentang keunikan kota Melbourne yang membuat para peserta lebih teredukasi baik tentang kota Melbourne ataupun tentang balon udara.

Melbourne View (Alya Mirza/Pengenliburan)

Melbourne View (Alya Mirza/Pengenliburan)

 

Selfie with the basket and view (Credit: Alya Mirza/pengenliburan)

Photo: Alya Mirza

Photo: Alya Mirza

Tour melihat pemandangan kota Melbourne ini ditempuh selama 1 jam. dan seperti saat sebelum keberangkatan dimana para peserta membantu mempersiapkan balon udara, saat selesai tour pun, peserta juga diminta untuk membantu membereskan balon udara. Kali ini saya ikut membantu. hehe

 

 

Setelah puas melihat pemandangan kota Melbourne yang begitu indah, para peserta kembali menuju Sofitel Building untuk sarapan atau champagne breakfast di No. 35 restaurant yang merupakan restaurant bintang 5 di kota Melbourne yang terletak di lantai 35. Untuk yang muslim, gak perlu khawatir kalau tidak bisa minum alkohol, karena banyak pilihan makanan dan minuman yang tersedia. Sarapan di restaurant bintang 5 dengan pemandangan kota Melbourne dari ketinggian lantai 35 tentunya sangat sayang untuk dilewatkan.

Champagne Breakfast at No. 35 Restaurant (Alya Mirza/Pengenliburan)

Champagne Breakfast at No. 35 Restaurant (Alya Mirza/Pengenliburan)

 

About the Author