Beranda » Jogjakarta » Sate Klathak Pak Bari

Kelas Kaki Lima, Cita Rasa Bintang Lima

Cita rasa istimewa namun  sederhana disajikan oleh Sate Klathak Pak Bari yang terletak di pasar Wonokromo, Bantul, Yogyakarta. Sate Kambing di sini tak seperti kebanyakan sate yang dijual, dibumbui dengan rempah dan disajikan dengan kecap atau bumbu kacang. Di sini sate kambing hanya dibumbui oleh garam dan penyajiannya dengan kuah gulai yang tidak terlalu kental. Sajian ini sangat memikat banyak orang, terbukti setiap malam Pak Bari menghabiskan dua ekor kambing untuk melayani pecinta kuliner sate klathak.

Tak hanya bumbu yang digunakan, piranti untuk menusuk sate pun tak lazim seperti di tempat-tempat penjual sate biasanya. Sate Klathak terkenal dengan tusukan satenya yang terbuat dari jeruji sepeda. Jeruji yang terbuat dari besi dipercaya akan menghantarkan panas hingga merasuk kedalam daging yang dibakar.

Sate Klathak Pak Bari buka setiap sore hingga dini hari, karena pagi hingga siang tempat ini akan dipakai untuk memutar roda perekonomian. Banyak penjual sate Klathak di sini selain Pak Bari, namun kebanyakan orang memilih Pak Bari untuk sate Klathaknya. Apalagi setelah digunakan sebagi salah satu tempat syuting film AADC 2, Sate Klathak Pak Bari pun semakin terkenal.

 

 

Seporsi sate klathak dihargai Rp 15.000, selain sate di sini juga menyajikan tongseng, tengkleng, dan gulai. Pilihan kedua setelah sate klathak adalah tengkleng yang pedas, ini juga menjadi idola banyak orang di sini. Untuk minuman yang istimewa adalah teh poci dan jeruk panas, semua disajikan di gelas belimbing, tambah istimewa ketika gula yang dipakai adalah gula batu.

Oke Travellers, bila akan mengunjungi sate Klathak Pak Bari ini sangat mudah. Lokasinya terletak di pinggir Jalan Imogiri Timur, tepatnya dari Terminal Giwangan Yogyakarta ke arah selatan, hingga menemukan pasar Wonokromo di sebelah kiri jalan setelah perempatan, belok ke kiri dan sampailah di Sate Klathak Pak Bari.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.