Beranda » Korea » Romantisnya Sore Hari di Bukchon Hanok Village Seoul Korea Selatan
Bukchon Hanok Village Seoul Korea

Bukchon Hanok Village Seoul Korea

Matahari sudah mulai turun ketika saya sampai di Bukchon Hanok Village, warna sinarnya sudah mulai jingga kemerahan namun hangatnya sinar matahari sore masih terasa. Sambil menunggu bis parkir, tour guide kami mulai bercerita panjang lebar mengenai kawasan wisata yang masih dijaga kelesatariannya hingga kini. Bukchon Hanok Village adalah kampung  rumah tradisional Korea yang sering disebut dengan sebutan “hanok” di Seoul Korea Selatan. Bicara soal kawasan rumah tradisional Korea saya jadi ingat tempat serupa di Kyoto Jepang yang juga merupakan kompleks pemukiman tradisional Jepang.

Bukchon bermakna kampung utara, hal ini dikarenakan kampung ini berada di sebelah utara kali Cheonggye dan Jogno. Selain itu letak perkampungan ini berada diantara Istana Gyeongbok dan Istana Changdeok. Yang bikin saya semangat mengunjungi kampung Bukchon ini adalah kampung ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting drama Korea “Personal Taste” yang dibintangi oleh aktor ganteng idola para wanita yaitu Lee Min Ho dan lawan mainnya Son Ye Jin.

Bukchon Hanok Village Seoul

Bukchon Hanok Village Seoul

Turun dari bus, kami disambut dengan rumah berbentuk hanok yang menjual berbagai souvenir khas korea di depan jalan masuk. Begitu masuk perkampungan Bukchon, suasana pemukiman tradisional khas korea mulai terasa. Wisatawan lalu lalang mengabadikan indahnya Bukchon Hanok Village di Sore hari. Banyak pula muda mudi warga Seoul yang berjalan-jalan menggunakan hanbok pakaian tradisional khas Korea, berfoto ria, selfie dengan latar belakang sunset yang romantis. Perlu anda ketahui bahwa Bukchon Hanok Village merupakan salah satu tempat wisata yang direkomendasi untuk dinikmati dengan menggunakan hanbok pakaian tradisional Korea. Ada beberapa tempat penyewaan hanbok di sekitar Bukchon Hanok Village dengan harga sewa sekitar 8.000 Won/orang.

Romantic Couple di Bukchon Hanok Village Seoul Korea

Romantic Couple di Bukchon Hanok Village Seoul Korea

Perkampungan ini merupakan komplek pemukiman dan tempat tinggal para pejabat, bangsawan dan keturunan anggota keluarga kerajaan Dinasti Joseon yang masih digunakan hingga saat ini. Bukchon Hanok Village ini merupakan perkampungan dengan lorong-lorong sempit dan jalanan menanjak, sepanjang jalan berderet-deret rumah-rumah tradisional Korea (Hanok) dengan atap yang khas dan bangunan yang didominasi dengan kayu-kayu menampilkan suasana kota Seoul dimasa lalu, oleh karena itu kompleks pemukiman ini tetap dijaga dan dilindungi oleh pemerintah Korea Selatan sebagai salah satu aset budaya yang tetap dilestarikan keberadaannya.

Bukchon Hanok Village

Bukchon Hanok Village

Rumah-rumah para bangsawan di pemukiman Bukchon Hanok Village ini masih terjaga dan terpelihara dengan baik hingga saat ini. Bahkan beberapa rumah dibuka untuk umum sehingga para wisatawan bisa merasakan kehidupan warga Korea sehari-hari. Namun yang perlu diperhatikan ketika berkunjung ke Bukchon adalah ada beberapa hanok yang diberi peringatan tidak boleh berisik, itu artinya para wisatawan yang mengunjungi rumah tersebut masih tetap boleh foto-foto namun tidak boleh berisik, tidak boleh merokok, tidak boleh buang sampah sembarangan karena dapat mengganggu penghuni di dalamnya, selain itu wisatawan juga tidak boleh memegang properti rumah yang dikhawatirkan akan merusak atau mengotori properti tersebut.

Himbauan untuk tidak berisik di Bukchon Hanok Village

Himbauan untuk tidak berisik di Bukchon Hanok Village

Selain dapat menikmati keindahan deretan hanok, beberapa hanok juga menawarkan experience untuk menginap bahkan mempelajari kerajinan tangan Korea seperti kipas dan tas khas Korea. Beberapa hanok juga dibuka sebagai restaurant dan cafe dengan menu khas Korea sehingga wisatawan tidak perlu khawatir ketika merasa lapar atau haus selama menikmati indahnya Bukchon Hanok Village.

Sekedar tips untuk anda ketika mengunjungi Bukchon Hanok Village adalah, jangan lelah untuk terus naik ke atas, karena best view dari perkampungan ini berada diatas dan jangan takut untuk eksplorasi gang-gang kecil di kanan atau kiri jalan karena beberapa gang kecil memiliki pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan.

Demikian, semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi anda ketika berkunjung ke Seoul Korea Selatan, Anyonghaseo!

Bukchon Hanok Village

Bukchon Hanok Village

 

Bukchon Hanok Village di Sore Hari

Bukchon Hanok Village di Sore Hari

 

Sunset di Bukchon Hanok Village

Sunset di Bukchon Hanok Village

 

Berpakaian Hanbok di Bukchon Hanok Village Seoul Korea

Berpakaian Hanbok di Bukchon Hanok Village Seoul Korea

 

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.