Pulau Moyo, Pulau Mungil yang Mempesona

Pulau Moyo adalah pulau yang sepi dan kecil namun memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Pulau Moyo terletak di sebelah utara Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat. Pulau Moyo menjadi salah satu tujuan wisata kelas dunia. Bahkan, banyak selebritis mancanegara untuk berwisata sekedar mencari ketenangan. Meskipun kecil, pulau yang eksotik dan tenang ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Konon, Lady Diana & Michael Philip “Mick Jagger” pernah berlibur kesana. Bagi yang baru pertama kali ke sana, sebaiknya anda menggunakan jasa pemandu wisata supaya tidak tersesat.
pulau moyo

Untuk mencapai Pulau Moyo sangatlah mudah. Perjalanan dengan mobil dapat ditempuh dari Sumbawa Besar ke Ai Bari, kampung pesisir yang terletak sekitar 20 kilometer  Utara Sumbawa Besar. Perjalanan dari Ai Bari ke Pulau Moyo dapat ditempuh selama lebih kurang 15 menit dengan speedboat, atau menggunakan kapal ketinting. Salah seorang nelayan yang selalu menyediakan transportasi ini adalah Pak Lahi yang sudah terbiasa menerima tamu asing, bahkan sering ditulis dalam berbagai buku panduan wisata.

Berkunjung ke pulau ini, kita bisa melihat keindahan alam yang masih alami. Hutan yang indah dan nyaris tak tersentuh, air terjun dan sungai-sungai alami, serta keindahan bawah laut yang tiada habisnya. Selain hiking di hutan, menyusuri sungai dan air terjun, beberapa gua yang dapat dicapai dengan berjalan kaki, bisa menjadi alternatif kegiatan.

moyo

Salah satunya adalah Gua Ai Manis yang harus dicapai dengan sedikit memanjat tebing. Gua ini tempat bersarangnya ratusan kelelawar. Selain itu, aktivitas lain yang bisa anda lakukan adalah trekking selama dua jam yang bisa dimulai dari Labuan Haji, ke arah Air terjun Brang Rea (Sungai Besar) yang terletak di tengah pulau.

Pulau Moyo juga merupakan “surga” bagi pencinta burung. Dari 124 spesies burung yang terdapat di Sumbawa, 86 jenis di antaranya berada di pulau ini. Spesies burung langka juga bisa anda temukan di sini. Diantaranya adalah Kakatua berkepala kuning serta burung Gosong.

Disini juga Anda bisa melihat berbagai formasi karang lunak dan keras yang indah. Hampir keseluruhan pulau dikelilingi karang yang masih dalam keadaan baik dan belum rusak.Untuk berlibur ke sini, dibutuhkan ketersediaan waktu dan dana yang cukup lumayan. Namun, bila ada keinginan untuk melihat sebagian kecil keindahan negeri ini, Pulau Moyo adalah salah satu tempat yang patut dikunjungi.

поисковый оптимизатор

anal escorts dubai

идеи оформления маленькой ванной комнаты

тур в африку из москвы

получить кредитную карту через интернет

повышение лояльности клиентов в интернет магазине

google продвижение

май тур владимир сайт

кредитка в дельта банке

онлайн заявка на кредитную карту без справок

поездка африка сафари

килиманджаро маршрут

кредитка від дельта банку

восхождение на килиманджаро 30 04

разработка приложений для ios цена

горящие путевки на кипр из харькова 2015

как проверить индексацию сайта в гугле

translation turkish to english

сковородки с керамическим покрытием отзывы

.

About the Author

Leave A Response