Pulau Lumu Lumu, Wisata Menarik di Timur Pulau Lanjukang

pulau lumu lumu yang indah

Pulau Lumu Lumu adalah pulau yang berlokasi di kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Ujung Tanah. Pulau ini berjarak sekitar 28 km dari kota Makassar.

Posisi pulau ini berada di sebelah timur P. Lanjukang, dan merupakan pulau terdekat dari tiga pulau terluar Makassar.  Seperti pula-pulau lainnya, untuk menuju pulau Lumu Lumu harus menggunakan perahu carteran atau sekoci Karen belum tersedianya transportasi regular.

Untuk menggunakan sekoci, dikenakan biaya sebesar 600 ribu rupiah untuk pulang dan pergi. Sama halnya dengan Pulau Bonetambung, pulau ini memiliki bentuk bulat, namun memanjang dari barat lau ke tenggara. Sebaran terumbu karang yang mengelilingi pulau ini dengan kedalaman kurang dari 1 m. pada kondisi surut, sebagian besarnya berubah mmenjadi daratan.

Di pulau ini terdapat alur pelayaran dengan kedalaman besar hingga 30 meter di sebelah utara dan timurnya. Sedangkan perairan sebelah selatan sekitar 2 km dari pulau merupakan daerah gosong dengan kedalaman 5 m, kedalaman perairan antara gosong dan perairan sebelah barat P. Lumu-lumu hingga mencapai besar dari 30 m.

Dengan luas mencapai 3,75 ha atau sekitar setengan dari luas pulau Lanjukang, pulau ini dihuni oleh penduduk sebanyak 984 jiwa atai 30 kali lipat dari Pulang Lanjukang. Pulau ini merupakan pulau terpadat penduduknya dengan tingkat kepadatan 262 jiwa setiap ha dan tersebar merata di seluruh pulau.

Tidak banyak pohon dijumpai di pulau ini. Di pulai ini juga terdapat berbagai pohon seperti pohon kelapa dan pohon kayu cina yang menempati sisi utara, barat dan selatan. Dengan mata pencaharian utama sebagai nelayan, tingkat kesejahteraan masyarakatnya sudah mencapai 90%. Hal ini bisa dilihat dari peralatan tangkap yang digunakan oleh nelayan yaitu dengan menggunakan jaring insang atau gill net.

Hasil tangkapannya juga beragam, mulai dari ikan sunu atau grouper, ikan karang lunak, ikan karang, keras hingga ikan-ikan karang lainnya. Untuk menunjang aktivitas keluar masuk perahu, terdapat sebuah dermaga berbahan kayu di sisi timur pulau. Adapun biota yang terdapat di pesisir pulau ini ialah padang lamun, rumput laut, kepiting, keong laut, cacing pasir dan teripang.

что такое контекстная реклама на брендla elite escortsбоди братиславскаяпутевки на май в сочикак получить кредит малому бизнесуtranslate russian to englishpr кампания в интернете юридической фирмыденьги в долг срочно за частур в турцию май 2015аруша национальный парккредитка эльдорадоденьги в долг под расписку барнаулэкспресс кредит на банковскую картукак разблокировать кредитную карту альфа банкапосуду купитьаксессуары для ванной комнаты интернет магазин недорогоплан работ по продвижению сайтасео анализооо строительство каркасный домов.

About the Author

Leave A Response