Pulau Bonetambung, Pulau Bulat di Timur Makassar

pulau

Pulau Bonetambung adalah pulau dengan luas sekitar 5 Ha yang berbentuk bulat. Pulau Bonetambung ini berjarak sekitar 18 km dari kota Makassar dengan posisi berada di sebelah timur pulau Langkai.

Di sebelah utara dan sebelah timur Pulau Bonetambung adalah perairan yang merupakan alur pelayaran pelabuhan dengan kedalaman air lebih dari 40 meter atau sekitar 900 meter dari pantai. Di sebelah baratnya terdapat peraian dengan rataan terumbu karang.

Pada bagian luarnya terdapat kedalaman sekitar 20 m dengan jarak sekitar 1 km. Pada sebelah baratdaya sekitar 1 km terdapat daerah yang sangat dangkal dengan kedalaman kurang dari 5 meter.

Untuk menuju ke pulau ini belum tersedia transportasi yang regular sehingga pengujung harus menggunakan perahu carteran atau sekoci dengan biaya sebesar 60 ribu rupiah untuk pulang pergi. Di pulau Bonetambung ini, pemukiman penduduk sudah tersebar secara merata dengan jumlah penduduk sekitar 481 jiwa.

Pada umumnya, vegetasi yang terdapat di pulau ini ialah pohon kelapa. Di pulau ini, ada beberapa adat kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat. Misalnya upacara Lahir bathin untuk mensucikan diri sebelum masuk bulan Ramadhan, Upacara Songkabala yakni upacara untuk menolak bala yang akan datang, dan upacara Pa’rappo yaitu upacara ritual yang dilaksanakan oleh para nelayan sebelum turun ke laut. Ada juga upacara karangan atau upacara ritual yang dilakukan oleh para nelayan ketika pulang melaut dengan memperoleh hasil yang berlimpah.

Sebagian besar mata pencaharian di pulau ini adalah nelayan dengan persentase sebannyak 90%. Bisa dibilang kondisi ekonomi masyarakat di pulau Bonetambung relatif baik. Untuk mendukung sarana transportasi laut yang berada dipulau ini, maka dibangnunlah dermaga pada sisi selatan pulau. Selain dramaga, ada juga fasilitas lainnya seperti 1 buah sekolah dasar (SD) dan 1 buah Puskesamas pembantu dengan tenaga medis 1 orang mantri, 1 orang suster dan 1 orang dukun.

Sayangnya, di pulau ini belum tersedia sanitasi lingkungan. Di pulau ini juga terdapat masjid dan fasilitas olahraga seperti lapangan bola dan voli. Sejumlah binatang yang biasa dijumpai di pulau ini adalah kepiting, crustasea, molusca, cacing pasir, kerang-kerangan, bintang laut, bulu babi, beberapa jenis ikan, seperti cumi-cumi, baronang, papakulu (ayam-ayam), mairo (teri), katamba, dan banyar.

прайсы на раскрутку интернет магазинаbest escort agenciesкакие батареи отопления лучшетуры в карелию май 2015деньги до зарплаты брестhalloween caricaturestranslate from germanденьги в долг под расписку барнаулзаявление на получение кредита образецтуризм танзани¤путевки май 2013отдых в африкеденьги в долг по паспорту без справоккредитная карта альфа банк снятие наличных процентэмираты поиск туракупить крышку для сковородкиpersonalized wedding artразместить рекламу googleсковороду в минске.

About the Author

Leave A Response