Praktisnya Jalan-jalan Menggunakan T-Money di Korea Selatan

Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Di negara maju seperti di Korea Selatan, masyarakat nya lebih sering menggunakan alat transportasi umum kereta bawah tanah atau yang dinamakan jihaceol (지하철) dan juga menggunakan bis atau yang dinamakan beoseu (버스).

Transportasi umum yang digunakan secara bersama-sama ini tentunya mempunyai tarif sendiri bagi para penumpang. Jaman dahulu pembayaran penggunaan jasa transportasi umum adalah dengan cara memberikan uang koin atau memberikan uang sesuai tarif yang sudah ada secara tunai. Di jaman modern saat ini tentunya teknologi semakin maju, seperti contoh, saat ini masyarakat dimudahkan dalam melakukan pembayaran dalam bertransportasi. Masyarakat pengguna transportasi umum di Korea Selatan setiap harinya menggunakan T-Money card untuk membayar tarif transportasi.

t.money

t.money card goole image

t.money

t.money card google image

T-Money adalah kartu transportasi serta perangkat yang digunakan untuk melakukan transaksi di toko-toko. T-Money di jual dari harga 2.500₩ hingga 3000₩ dan dapat digunakan di bus umum dan kereta bawah tanah di beberapa kota metropolitan yang berbeda lokasi, seperti Seoul, Gyeonggi, Daejeon, Incheon, Daegu, dan Busan. Bila menggunakan T-Money, tarif angkutan umum adalah 100₩ lebih murah daripada membayar dengan uang tunai, dan tidak seperti harga tunai, T-Money dapat digunakan ketika mentransfer dari satu bus ke bus yang lain, satu jalur kereta bawah tanah ke jalur yang lain, atau dari bus ke kereta bawah tanah atau sebaliknya (dalam batas waktu transfer) tanpa biaya tambahan.

Adapun cara menggunakan T-Money adalah :

a)      Bus

1.      Setelah naik bus , tempatkan kartu T-Money pada sensor berlogo T-Money yang terletak di depan bus sampai terdengar bunyi “bip” . Sensor akan menampilkan jumlah yang dibebankan di atas dan sisanya di bagian bawah. 2.      Sebelum turun dari bus, tempatkan kartu T-Money pada sensor yang terletak di bagian belakang bus sampai terdengar bunyi “bip”. Ini akan menampilkan biaya tambahan yang dipungut oleh jarak tempuh, dan sekarang dapat digunakan untuk transfer bebas dalam batas waktu tertentu.

t-money2

t.money google image

t.money3

t-money google image

b)      Kereta Bawah Tanah

1.      Tempatkan kartu T-Money pada sensor berlogo T-Money yang terletak di atas masing-masing pintu putar kereta bawah tanah hingga terdengar bunyi “bip”. Sensor akan menampilkan jumlah yang dibebankan di atas dan sisanya di bagian bawah. Jika mentransfer , biaya jumlah mungkin muncul sebagai “0 ” ( nol ) .

2.      Tempatkan kartu T-Money pada sensor sampai terdengar bunyi “bip” saat keluar melalui pintu putar . Ini akan menampilkan biaya tambahan , yang dipungut oleh jarak tempuh, dan setelah itu dapat digunakan untuk transfer bebas dalam batas waktu tertentu.

seoul subway gate

seoul subway gate, google pict

t-money subway

t-money subway, google pict

Apabila isi T-Money card sudah habis, bisa diisi ulang di supermarket atau di mesin T-Money yang sudah tersedia, biasanya terletak di stasiun kereta bawah tanah. Cara pengisiannyapun sangat mudah dan minimal pengisian T-Money adalah 1000₩.

t-money machine

t-money machine google image

t-money

t-money recharge google pict

t-money

t-money2 google pict

Bagi para wisatawan, sekarang tidak perlu kuatir untuk berjalan-jalan saat berada di Korea Selatan, karena hanya dengan membeli T-Money card wisatawan dapat berjalan-jalan hemat sesuai keinginan, mulai dari sekarang rencanakan liburanmu bersama pengenliburan.com.

 

покупка ссылок яндексdubai escort high classсекции на братиславскойптицы танзаниисрочно деньги в долг во владикавказеtranslation of documentsадвокат киеваденьги в займы брестлучший маршрут восхождени¤ на килиманджаровосхождение на килиманджаро летр 2015деньги на телефон в долг нссотдых с ребенком в маепл¤жный отдых в мае 2015бизнес дать деньги в долгпоиск путевкаа в италиюаксессуары для ванной и кухниmusic caricaturetranslation from english to spanish languageкастрюли купить в интернет магазине

About the Author

Student of Gadjah Mada University Korean Departement 2012

Leave A Response