Persiapan Mendaki Gunung Yang Harus Diperhatikan

Persiapan Mendaki Gunung Yang Harus Diperhatikan

Mendaki gunung merupakan kegiatan menyusuri hutan dan jalan yang tak biasa, untuk mengagumi keindahan alam ciptaan Tuhan. Kegiatan yang juga dapat memacu adrenalin ini juga merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi para traveller yang ingin mendaki gunung.  Dengan mendaki gunung, mereka dapat menghabiskan waktu liburan dengan suasana yang tenang tanpa adanya keramaian. Terdapat beberapa persiapan mendaki gunung yang harus di perhatikan. Dengan adanya persiapan-persiapan tersebut, diharapkan perjalanan pendakian aman dan selamat sampai anda kembali :

  1. Olahraga Cukup Sebelum Mendaki Gunung

Persiapan mendaki gunung yang pertama yaitu anda harus dalam keadaan fit dan stamina yang kuat ketika akan mendaki. Untuk mengantisipasi kondisi badan yang drop, ada baiknya anda melakukan olahraga beberapa minggu seperti jogging. Pada umumnya,  jalan pendakian ke puncak adalah menanjak, udara yang menipis, berkabut serta udara yang berhawa dingin menjadi hambatan para traveller. Untuk itu, anda harus menjaga kebugaran tubuh, makan secara teratur serta istirahat yang cukup.

  1. Mempelajari Lokasi Gunung Yang Akan di Daki

Mempelajari medan dan letak lokasi gunung yang akan anda tuju juga merupakan persiapan mendaki gunung yang tak kalah penting. Karena biasanya, di setiap  gunung mempunyai jalur pendakian yang lebih dari satu jalur. Dengan adanya informasi jalur-jalur yang anda pelajari, anda dapat memilih jalur yang lebih mudah di jangkau. Bertanya kepada pihak yang telah berpengalaman juga dapat di jadikan solusi agar perjalanan anda tidak mempunyai kendala.

  1. Perbekalan Peralatan dan Logistik

Barang-barang yang diperlukan selama pendakian antara lain tas ransel besar, jaket tebal, sepatu hiking, alat masak sederhana, jas hujan, senter, kompas, peluit dan jangan sampai ketinggalan peralatan P3K. Jika anda akan mendirikan tenda anda juga harus membawa dum, matras serta sleeping bag. Selain peralatan, anda juga harus membawa bahan-bahan logistic seperti mie instan, beras, biscuit dan makanan ringan lainnya. Hal yang tidak boleh ketinggalan  dalam persiapan mendaki gunung yaitu anda harus membawa cadangan air minum jika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat.

  1. Mendaftar di Pos Perijinan

Beberapa gunung biasanya mempunyai pos untuk tempat mendaftar bagi siapa saja yang akan mendaki gunung tersebut. Jangan mengabaikan tempat tersebut, karena nantinya petugas dapat membantu anda jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Dengan anda mendaftarkan diri pada pos yang yang telah disediakan petugas, maka anda telah mempunyai tekad baik dalam menjalankan pendakian.

  1. Menjaga HP dan Kamera

Ketika anda melakukan pendakian, sebaiknya HP dan kamera dimasukkan ke dalam plastik kemudian digulung pada kain. Hal ini dimaksudkan agar air tidak dapat meresap ke dalam benda tersebut. Pastikan anda sudah mengisi baterai secara penuh. Dan jangan lupa anda harus membawa cadangan baterai jika sewaktu-waktu di butuhkan.

Itulah beberapa persiapan mendaki gunung yang wajib anda bawa selama pendakian. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

About the Author