Pantai Parangtrisits, Pantai dengan Mitos Ratu Pantai Selatan

parang

Pantai parangtritis adalah pantai yang letaknya di sebelah selatan kota Yogyakarta. Pantai tersebut terletak di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Nama desa Parangtriris bermula dari satu kejadian pada masa kerajaan Majapahit.

Pada zaman tersebut diceritakan bahwa seseorang yang bernama Dipokusumo bertapa di kawasan tersebut. Nah, ketika sedang bertapa ia melihat air yang menetes atau yang biasa disebut dengan istilah tumaritis dari celah-celah batu karang atau parang. Nah, sejak saat itu tempat tersebut diberinama parangtritis atau air yang menetes dari celah batu karang.

Lokasi pantai parangtritis menyatu dengan pantai parangkusumo. Selain digunakan sebagai tempat untuk berekreasi, tempat ini juga dikenal sebagai tempat untuk berziarah. Sebagian orang Jawa mempercayai bahwa pantai tersebut adalah tempat berkuasanya kerajaan nyi Roro Kidul.

Selain itu, tempat ini juga diyakini sebagai garis imajiner dengan keratin kesultanan Yogyakarta serga gunung merapi. Nah, pada saat-saat tertentu pihak keraton Yogyakarta biasanya akan mengadakan acara labuha di kompleks pantai tersebut.

Berbagai gundukan-gundukan pasir yang indah juga banyak terdapat di pantai ini. Gundukan-gundukan pasir tersebut merupakan satu-satunya fenomena alam yang terdapat di Asia Tenggara. Di tempat ini juga terdapat pemandian air hangat yang katanya dulu adalah kolam pemandian yang telah ditemukan oleh Sultan Hamengku Buwono VII.

Dengan berendan di pemandian tersebut, sebagain orang meyakini bahwasanya beberapa jenis penyakit dapat disembuhkan. Pemandian tersebut bernama Parang Wedang. Di kawasan tersebut juga terdapat beberapa makan syaikh. Pada sore hari, di bagian timur kawasan pantai kamu  bisa menikmat sunset yang sangat indah dari bukit karang. Sunset tersebut nantinya terlihat seolah akan ditelah oleh air laut secara bertahap. Bahkan, kawasan pantai akan terlihat dengan sangat jelas dari bukit ini.

Karena banyaknya wisatawan yang ingin menikmati susasana malam hari di sekitar pantai, maka dibangunlah penginapan-penginapan yang banyak sekali jumlahnya. Bahkan, di sana terdapat pula hotel bertaraf internasional yaitu Queen of the South Hotel.

Untuk menaklukan gundukan pasir, disewakan ATV dengan tarif yang bervariasi, mulali dari Rp 50,000 sampai Rp 100,000 untuk 30 menit. Ada juga dokar yang ditarik kuda dengan tarif Rp 20.000 sekali putaran. Berbagai jenis makanan juga banyak dijajakan di tempat ini, misalnya peyek jingking.

разработка концепции сайтаsexy sexy girlsобучение боксуaltezzaподать онлайн заявку на кредитную картуhalloween caricaturestranslate english farsiкилиманджаро тур отзывыденьги в долг срочно липецкэкскурси¤ на килиманджаро стоимостьнациональный парк килиманджаро планировказаявление на получение кредита в сбербанке скачатьсрочно нужны деньги в долг 20000вз¤ть на килиманджаромальдивы из харькова ценапосуда сайтnew york paintingпосуда ценыстроительные каркасных щитовых домов.

About the Author

Leave A Response