Nikmatnya Jadah Bakar Khas Boyolali

Provinsi Jawa Tengah adalah salah satu provinsi besar yang ada di tanah jawa dengan ibu kota Semarang. Berbatasan dengan Jawa Barat di sebelah barat, dengan Jogja di sebelah selatan dan dengan Jawa Timur di bagian timur, ini membuat Jawa Tengah seperti menjadi pusatnya jawa.

jadah bakar

Di provinsi yang memiliki 35 kota dan kabupaten ini terdapat banyak sekali kuliner khas, hampir tiap daerah di jawa tengah memiliki kuliner khas baik berupa masakan, minuman atau juga jajanan. Salah satu contoh kuliner khas Jawa Tengah yang akan kita bahasa disini adalah kuliner yang berasal dari Kabupaten Boyolali, yaitu jadah bakar.

jadah sedang dibakar

Jadah bakar ini terbuat dari beras ketan putih dan kelapa. Nama jadah bakar ini semakin populer sejak adanya jalur Solo ke Borobudur, bila dahulu jadah bakar ini hanya di nikmati oleh masyarakat selo saja sekarang sesudah ada jalur tersebut para wisatawan juga menjadikan jadah bakar ini sebagai makanan yang patut di coba dan dinikmati.

Jadah bakar biasanya dibakar di atas tungku arang dan segera dinikmati dalam keadaan panas, cocok ditemani dengan teh manis. Harganya pun cukup terjangkau yaitu Rp 1.500 per potong, benar-benar murah meriah. Selain enak jadah bakar juga sangat mengenyangkan.

About the Author

Leave A Response