Monument Mandala, Wisata Sejarah di Pusat Kota Makassar

mandala

Di pusat kota Makassar, terdapat sebuah bangunan menara yang menjulang tinggi setinggi 75 meter. Bangunan tersebut dinamakan Monumen Mandala. Monumen Mandala berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman.

Lokasinya hanya sekitar 200 meter sebelah selatan pusat kota Makassar. Monument Mandala didirikain di atas laha seluas 1 hektar. Monumen ini dibangun pada tanggal 11 Januari 1994. Peletakan batu pertama dilaksanakan oleh Menko Polkam Soesilo Sudarman, dan diresmikan oleh Presiden H. M. Soeharto, pada tanggal 19 Desember 1995.

Di monument tersebut terdapat berbagai macam relief dan diorama mengenai perjuangan pembebasan Irian Barat. Di monument tersebut, pengunjung dapat melihat bentangan kota Makassar dari ketinggian. Dengan ketinggian hingga 75 meter di atas permukaan tanah, monumen ini mulai dibangun pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 1996.

Monument ini dibangun untuk memperingati perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kembali (membebaskan) Irian Barat atau yang sekarang dikenal dengan nama Papua dari tangan penjajah pada tahun 1962.

Monument ini terdiri dari 4 lantai. Pada lantai 1 dari monument ini terdapat diaroma relief dan replika pakaian dan perjuangan masyarakat Sulawesi Selatan pada abad XVII. Pada laintai 2 terdapat diaroma dan relief yang menceritakan tentang perjuangan pembebasan Irian Barat.

Adapun di lantai tiga terdapat replika ruang kerja Panglima Mandala, lengkap dengan peta Irian barat, foto-foto persiapan pemberangkatan pasukan, tanda jabatan, dan pakaian yang dipergunakan pada saat operasi Mandala.  Nah, di lantai 4 nya ialaha ruang pandang untuk pengunjung untuk melihat kota Makassar dari ketinggian. Ruang ini berada di ujung menara dengan ketinggian sekitar 73-75 meter dari permukaan tanah.

Untuk menuju ke lokasi wisata Monumen Mandala, kamu bisa menggunakan ankot, taksi ataupun fasilitas pengantaran yang telah disediaka oleh hotel. Jika dari pusat kota, maka kau bisa menggunakan becak atau berjalan kaki untuk menuju Monumen Mandala.

Untuk melihat pemandangan kota Makassar dari ketinggian, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar 10,000 rupiah per orangnya. Biasanya lift akan dioperasikan jika pengunjung datang secara berombongan.

пиар кампанияdubai sex clubузкие радиаторы отопленияоднодневные сафари в танзаниизаказать кредитную карту приватбанкаbirthday party caricaturesраскрутка в яндексезаявление на получение кредита образец скачатькилиманджаро турагенствомай тур владимир отзывыкак получить кредит должникутанзани¤ туры ценаденьги в долг под проценты под распискуэкскурсионные туры в мае 2015турция в октябре путевки ценыпроизводство посуды россияlegal translation online freeниагара дом проект.

About the Author

Leave A Response