Menikmati Pisang Epe di Pantai Losari

losari

Pantai Losari memang memiliki daya tarik tersendiri. Disamping sebagai lokasi wisata dan landmark kota, pantai losari juga kerap dijadikan sebagai tempat berkumpul warga Makassar.

Maka dari itu, jangan heran jika di Pantai tersebut banyak ditemukan para pedagang yang berjualan, salah satunya adalah penjual pisang epe. Pisang epe adalah menu wajib yang harus Anda coba saat bersantai di pantai Losari.

Di kawasan ini banyak sekali penjual pisang epe yang  mangkal sejak pukul 4 sore hingga pukul 12 malam. Dalam bahasa Makassar, “epe” berarti “jepit”, jadi pisang epe adalah pisang bakar yang dijepit hingga gepeng. Jenis pisang yang dipilih biasanya pisang kepok yang masih setengah mengkal. Nama makanan ini memang menggambarkan bagaimana cara pembuatannya.

Jika biasanya pisang digoreng atau direbus, pisang epe dimasak dengan menggunakan cara lain. Pisang dipanggang diatas bara api kemudian dijepit (atau dipress) hingga bentuknya menjadi lebih gepeng. Setelah matang, pisang yang telah dibakar dan dijepit ini disiram dengan saus yang berbahan dasar gula merah.

Saus yang berbahan dasar gula merah ini biasa disebut dengan saus original. Kini, Anda bisa menjumpai beberapa alternatif rasa saus, ada yang rasa coklat, durian, keju dan lain-lain. Beberapa penjual lainnya bahkan menambahkan taburan meises dan kelapa sangrai diatasnya. Lezatnya pisang epe plus keindahan pantai Losari adalah paket wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur ke Makassar.

Di sepanjang pantai  Losari, penjual pisang epe ini dengan mudah bisa kamu temukan. Biasanya, para penjual menawarkan pisang epe dengan harga seporsinya 7500 rupiah.

Untuk satu porsinya, terdiri dari 3 buah pisang plus teh tawar hangat. Dengan paduan dua kuliner tersebut dijamin santapan akan terasa lebih nikmat. Apalagi jika dinikmati sembari melihat deburan ombak serta matahari terbenam di pantai Losari.

Waktu berjualan mereka biasanya dimulai pada pukul 4 sore hingga pukul 12 malam. Pisang epe juga bisa dijadikan sebagai santapan untuk berbuka puasa dikarenakan aroma khas pisang plus gula merah yang meleleh ini langsung menyurutkan rasa lapar setelah seharian berpuasa.

About the Author

Leave A Response