Menikmati Keindahan Alami Pulau Kodingareng Lompo

PULAU KODINGARE

Pulau Kodingareng Lompo adalah pulau yang berlokasi di Kelurahan Kodingareng, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, dan berjarak 15 km dari Makassar.

Pulau ini memiliki bentuk yang relatif memanjang  dari sisi Utara ke sisi selatan dengan luas mencapai 14 Ha. Di sisi Selatan pulau ini tedapat dataran yang memanjang menjorok keluar atau biasa disebut dengan isitlah spit.

Untuk menuju Pulau Kodingareng Lompo, para wisatawan dapat menggunakan transportasi regular berupa kapal motor. Dengan menggunakan kapal motor, para wisatawan dikenakan biaya retribusi sebesar 6,000 rupiah untuk sekali jalan.

Tak hanya kapal motor, di pulau ini juga tersedia perahu motor carteran atau sekoci 40 PK, dengan biaya 400,000 rupiah untuk pulang pergi. Penduduk yang berada di Pulau Kodingareng Lompo ini sekitar 4.170 jiwa dengan sebagian besar mata pencahariannya adalah nelayan. Sisanya adalah pa balong dan usaha-usaha lainnya.

Untuk alat tangkap, para nelayan di pulau ini menggunakan alat pancing dan purse. Konsentrasi penyebaran penduduk merata, dengan jenis bangunan rumah panggung dan rumah batu. Pada sisi timur terdapat 2 buah dermaga yang berdekatan, yaitu dermaga kayu buat kapal motor (regular) dan Speed Boat.

Jika dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya, pulau Kodingareng Lompo memiliki fasilitas yang cukup maju. Di pulau Kodingareng Lompo ini sudah terdapat instalasi listrik dengan generator yang beroperasi selama 12 jam. Tak hanya itu, pulau Kodingareng Lompo ini juga sudah memiliki 2 buah Sekolah Dasar, 1 buah taman kanak-kanak, dua buah mesjid, dan dua buah musalla.

Tak hanya itu, terdapat juga  fasilitas kesehatan berupa 1 buah posyandu bantu dan pos obat desa (POD) melalui program NGO Plan Internasional. Di pulai ini juga terdapat 1 buah lapangan sepak bola.

Perairan sebelah Timur, Utara dan Selatan memiliki kedalaman diatas 20 m pada jarak antara ± 0,2 mil sedangkan perairan disebelah Barat pada jarak ± 4,5 mil dari pantai mempunyai kedalaman 20 m. pulau Kodingareng Lompo masih memiliki panorama bawah air yang asri dengan biota yang beragam seperti bulubabi, ubur-ubur, kepiting, bintang laut, beberapa jenis ikan.

раскрутка сайтов в топ 10esscortрадиатор отопления для ванной комнатыавтобусный тур май 2015кредит на развитие малого бизнеса самараevent caricatureserm стоимостьденьги в долг на нсс командастоимость поездки в африку сафаридать деньги в долг под проценты распискавосхождение килиманджаро апрельтур сафари в африку ценапарк нгоронгоросколько стоит тур в танзаниюстатьи уголовного кодекса украиныпутевки на кипр в сентябре 2015 годалояльность к клиентамреклама сайта недвижимостиконструктор каркасный дом.

About the Author

Leave A Response