Menikmati Keindahan Alam Pantai Baron Gunung Kidul

Keindahan Alam Pantai Baron Gunung Kidul

Menikmati suasana pantai memang sedang menjadi hal favorit yang dilakukan jika sedang memiliki waktu liburan. Selain merupakan tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang mengagumkan, pantai juga dinilai efisien untuk tujuan wisata karena hanya membutuhkan biaya yang murah. Jika sedang berada di Yogyakarta, terdapat pantai yang sudah populer di kalangan masyarakat yaitu Pantai Baron. Pantai yang berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Gunung Kidul ini selalu dipadati wisatawan setiap harinya. Untuk sampai di Pantai Baron Gunung Kidul ini, anda harus menempuh jarak sekitar 40 km dari kota Yogyakarta.

Mengapa dijuluki pantai Baron? Berawal dari bangsawan asing yang bernama Baron Skeber yang dulunya pernah mendaratkan kapalnya di pantai tersebut. Lambat laun, pantai tersebut oleh penduduknya di namai Pantai Baron. Akses yang dapat anda gunakan untuk sampai ke Pantai Baron Gunung Kidul yaitu anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan bus.

Pantai Baron Gunung Kidul adalah model pantai yang membentuk cekungan yang juga di apit oleh bukit pasir pada sisi kanan dan kirinya. Pasir pantai yang membentang di sepanjang bibir pantai ini banyak berdiri tenda-tenda kecil untuk berjemur sembari menikmati keindahan pantai. Tak hanya itu, anda juga akan menjumpai perahu nelayan yang berjajar di pinggiran pantai yang masih berfungsi untuk mencari ikan di laut. Karena banyaknya perahu nelayan yang mencari ikan di Pantai Baron Gunung Kidul tersebut, maka dibuatlah dermaga bagi para nelayan yang akan menjajakan tangkapannya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Di tempat ini, anda bisa membeli segala jenis ikan laut yang masih segar dengan harga yang ekonomis. Jika anda ingin mencicipi ikan laut tersebut secara langsung, terdapat banyak kedai rumah makan yang menyediakan bermacam-macam varian seafood.

Selain sebagai obyek wisata, Pantai Baron Gunung Kidul juga sering diadakan acara keagamaan seperti upacara sedekah laut. Acara adat yang rutin di lakukan oleh penduduk setempat ini dilakukan pada tanggal 1 Syuro sebagai ungkapan rasa syukur para masyarakat, atas di berikannya hasil tangkapan laut yang melimpah. Masyarakat percaya dengan selalu rutin melaksanakan upacara sedekah laut ini, Pantai Baron Gunung Kidul selalu mendatangkan rezeki yang di berikan oleh Sang Pencipta.

Taukah anda, Pantai Baron Gunung Kidul mempunyai keunikan, yaitu terdapat sungai bawah tanah yang mengalir deras ke arah lautan. Sungai yang berada di bawah laut tersebut kemudian membentuk sungai kecil. Namun uniknya, walaupun sungai bawah tanah tersebut berada di dekat laut, rasa air yang di hasilkan yaitu air tawar.

Itulah beberapa informasi mengenai Pantai Baron Gunung Kidul yang harus anda kunjungi pada saat liburan tiba. Anda akan ketagihan untuk mengunjunginya lagi jika sudah membuktikan sendiri keindahan pantainya. Selamat Berlibur!

About the Author