Menghias Truck ala Dekotora

Decoration Truck

Decoration Truck

photo: sportandmotor.com

Siapa yang tidak mengenal kreatifnya supir truk? Seperti yang kita tahu, di Indonesia para supir truk mendandani truk yang sehari-hari mereka bawa dengan beragam warna yang mencolok. Selain itu, di bagian badan truk, biasanya digambari dengan gambar perempuan cantik, pemandangan, atau gambar kartun. Atau, yang menggelitik adalah tulisan di bagian belakang truk atau pantat truk yang biasanya menggelitik hati. Nah, ternyata tidak hanya di Indonesia, para supir truk di Jepang pun memiliki kebiasaan ini. Mereka tidak membiarkan truk mereka polos tanpa hiasan.Sama halnya dengan supir truk kita, mereka ingin agar truk mereka dihias dan dimodif. Ada sebutan untuk kebiasaan menghias truk, namanya Dekotora.

Dekotora merupakan singkatan dari decoration truck.Ya, seperti namanya, truk-truk berukuran besar dan kelihatan galak ini dimodifikasi dengan berbagai dekorasi di Jepang. Biasanya, ditambahkan lampu neon atau ultraviolet, cat mewah, dan eksterior steel atau emas. Bahkan, dekorasi tidak hanya ditemukan pada bagian luar saja.Tapi juga pada bagian interiornya.Pokoknya, semakin ramai dan kreatif, semakin menambah seru Dekotora. Bahkan, banyak modifikasi yang membuat geleng-geleng kepala. Truk yang kita kenal sebagai pengangkut benda-benda besar dan biasanya memiliki kesan berat dan berbahaya, bisa berubah dan tidak terlihat seperti itu lagi. Ternyata modifikasi bukan hanya untuk mobil kecil saja ya. Tapi juga untuk yang besar-besar.

Glow Truck

Glow Truck

photo: i1.ytimg.com

Bagaimana dengan gaya Dekotora? Wah… Anda pasti akan takjub melihat hasil dekorasi dan modifikasi pada truk-truk disana. Pernah membayangkan sebuah truk ternyata bisa dibentuk menjadi mirip dengan harimau atau singa. Ya, dimulai dari permainan lampu neon dan ultraviolet pada bagian depan atau wajah truk. Selain itu, gaya dekorasi Dekotora yang umum ditemui adalah menyerupai model film animasi Gundam atau Transformers. Truk-truk besar itu jadi mirip sekali dengan robot-robot keren dan kuat yang dapat berubah saat dibutuhkan. Jadi, para supir truk tidak main-main dengan tenaga dan biaya yang dikeluarkan untuk menghias truk mereka supaya nyentrik dan lain dengan truk kebanyakan.

Inside

Inside

photo: japspirit.com

Gaya dekorasi Dekotora sudah lama muncul di Jepang. Pertama kali gaya ini diperkenalkan pada tahun 1975 dalam sebuah film yang menceritakan tentang pengemudi truk di Jepang. Setelah itu, tren memodif truk benar-benar menyebar. Umumnya, Dekotora dilakukan oleh para supir truk di masing-masing prefektur untuk mengisi waktu luang dan kesenangan. Selain itu, hasil kreatifitas mereka dipamerkan saat ada perkumpulan para supir, ulang tahun prefektur dan kegiatan lainnya. Dan tentu saja, semakin keren dekorasi dan modifikasinya, semakin bangga pemiliknya. Namun, orang Jepang tentu saja tidak melupakan aspek keamanan dan keselamatan.Kegiatan memodif tidak menyalahi peraturan keselamatan berkendara yang berlaku disana.

Dekotora

Dekotora

 

photo: lh5.ggpht.comпо запросам продвижение сайтаmorocco escortмариэль марьино фитнеслучший маршрут на килиманджаромгновенный займ переводом контактcaricature anniversariesредизайнденьги в долг срочно беларусьботинки дл¤ восхождени¤ на килиманджароденьги в долг 10000путевка на килиманджаротанзани¤ экскурсиитуризм килиманджаросоветы по восхождению килиманджаропосольство польши в харькове регистрация онлайнсковороды WOKподдержка сайта ценыреклама одежды в интернетекак обшить деревянный дом

About the Author

Martial Artist

Leave A Response