Mengenal Budaya Orang Jepang

Seiza Position

Seiza Position

photo: photovide.com

Saat mengunjungi negara asing, sedapat mungkin kita mengenal juga kebiasaan-kebiasaan yang umum disana. Selain menghindari gegar budaya, kita pun berusaha untuk menghormati kebisaan yang ada di negara tersebut. Nah, saat akan mengunjungi Jepang, ada baiknya Anda pun mengetahui kebiasaan yang ada disana, jangan sampai kita dianggap tidak sopan atau aneh. Kebiasaan yang pertama berkaitan dengan alat makan. Saat makan, orang Jepang menggunakan sumpit. Untuk makanan berkuah, mereka tidak menggunakan sendok melainkan langsung menghirup kuah dari mangkuknya. Jadi, bukan mereka tidak sopan dan jorok. Karena budaya makan disana memanglah seperti itu. Selanjutnya, Anda perlu mengetahui mengenai pemakaian sandal. Saat memasuki rumah, biasanya orang Jepang akan membuka sepatu dan menyimpannya di rak. Sebagai pengganti, mereka mengenakan sandal rumah dan tetap mengenakan kaus kakinya.

Sumpit

Sumpit

photo: kotous.com

Saat akan ke toilet, biasanya disediakan sandal khusus untuk memasuki toilet. Setelah itu, Anda bisa mengenakan sandal rumah kembali. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik tuan rumah saat memasuki rumahnya. Jangan lupa melepas sepatu dan menaruhnya dengan rapi. Selanjutnya, saat berada di Jepang, biasakan untuk mengucapkan salam saat bertemu dengan orang lain. Salam yang sering diucapkan atara lain, ‘Ohayou Gozaimasu’ untuk selamat pagi, ‘Konnichiwa’ untuk selamat siang dan ‘Konbanwa’ untuk selamat malam. Sebelum bersantap, salam yang diucapkan adalah ‘Gochisho sama deshita’ atau artinya selamat makan. Untuk berterima kasih, ucapkanlah salam ‘Arigatou gozaimasu’.

Cara Memberi Hormat

Cara Memberi Hormat

photo: shinkitaikarate.ca

 

Saat berkunjung di rumah seseorang, tidak semua orang menggunakan gaya barat yaitu memiliki sofa atau kursi di ruang tamunya. Kebanyakan orang Jepang memiliki ruang tamu yang dilapisi oleh tikar atau namanya ‘Tatami’ dalam bahasa Jepang. Saat bertamu, duduklah di bantal kecil yang fungsinya sebagai alas. Kemudian, jangan duduk dengan gaya diselonjorkan atau sampai kaki ditopang dagu. Gaya duduk seperti itu tidaklah sopan. Disarankan untuk duduk dengan cara kaki dilipat ke belakang atau bersila. Gaya duduk seperti ini dianggap sopan dan tidak menyinggung tuan rumah yang sudah mengundang Anda.

Caranya Begini

Caranya Begini

photo: womaf.com

smm smosex clubs in dubaiйога печатникивосхождение на килиманджаро карта маршрутакредит ип на развитие бизнеса альфаtranslate from english to russianинтернет репутациякилиманджаро lemosho цена туровбыстрый займ читаденьги в долг студентамэкспресс займ личный кабинетсоветы по восхождению килиманджародавали деньги в долг под процентыописание маршрута умбве на килиманджаросковорода чугунная с керамическим покрытиеммальдивы путевки цены перелетповышение лояльности клиентовtranslation russian to englishкомпании по созданию интернет магазинов

About the Author

Martial Artist

Leave A Response