Lezatnya Sate Ala Jepang, Yakitori

Yakitori

Yakitori

photo: livetraveljapan.com

Masakan Jepang termasuk salah satu masakan yang populer di dunia. Ada beragam makanan Jepang yang disukai oleh masyarakat internasional karena cita rasanya yang lezat dan unik. Kali ini kita akan membahas mengenai sate ala Jepang atau Yakitori. Mendengar namanya saja rasa penasaran akan tergelitik. Benarkah bentuknya mirip dengan sate yang biasa kita makan? Ya, memang betul, hidangan ini terdiri atas potongan-potongan lezat daging ayam yang ditusuk dan dicelupkan pada saus kemudian dipanggang di atas arang. Betul-betul mirip dengan sate yang kita kenal di Indonesia. Yang membedakannya adalah budaya makan Yakitori. Biasanya para pegawai mampir ke kedai yang menjual hidangan ini untuk bersantai dan melepas lelah. Mereka makan Yakitori ditemani dengan bir dingin untuk mengisi perut mereka yang lapar sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke rumah dengan kereta.

Tempat yang menjual dikenal dengan nama Yakitori-ya. Biasanya tempat ini sederhana dan tidak mewah. Anda akan melihat bagaimana tempat tidak berpengaruh pada kelezatan Yakitori yang ditawarkan. Kedai makan biasanya hanya menyediakan 5 atau 6 kursi yang menghadap ke penjualnya. Panggangan diletakkan di depan atau di samping. Asap dari pemanggang bertiup ke arah jalan dan mengundang orang-orang untuk datang mengunjungi kedai. Kesederhanaan kedai yang seperti ini justru membuat orang merasa nyaman dan santai. Menikmati lezatnya yakitori itu sungguh mudah.

Yakitori-ya

Yakitori-ya

photo: photopassjapan.com

Nah, sekarang kita beralih ke jenis-jenis ayam yang biasanya dipakai untuk membuat Yakitori yang lezat. Untuk yang ingin mencoba daging ayam yang begitu kenyal dan rasa yang prima, Yakitori-ya pun menyediakan ayam Jidori. Ayam ini levelnya seperti daging sapi Kobe yang terkenal.Bisa dibayangkan Yakitori yang terbuat dari daging ayam ini. Rasanya pasti amat lezat. Selanjutnya, ada ayam dari daerah-daerah lain yang juga dagingnya begitu lezat seperti ayam Chocin dari daerah Nagoya, Satsuma-dori dari Kyushu dan Hanaidori dari Akita. Ada juga ayam kelas premium yang disediakan di restoran Yakitori mewah. Ayam yang dipergunakan adalah ayam Shamo. Selain ayam, Yakitori pun bisa terbuat dari unggas lainnya seperti burung puyuh dan bebek tergantung pada musim.

Cochin Chicken

Cochin Chicken

photo: static.panoramio.com

Dari jenis ayam dan unggas yang biasa dimasak untuk membuat Yakitori yang lezat dan menggoda selera, mari kita lihat bagian-bagian tubuh ayam yang bisa diolah. Tentu saja, daging yang diolah dengan sempurna dipadukan dengan saus dengan cita rasa yang mantap, akan makin menggugah rasa lapar para pengunjung. Siapa yang menyangka, Yakitori pun ada yang terbuat dari tulang rawan ayam yang renyah? Selain tulang rawan, bagian daging leher ayam pun diolah. Untuk penggemar organ dalam, Anda bisa memesan jantung, hati, dan ampela. Tidak lupa, bagian daging dekat ekor, paha dan kulit pun akan menggoda Anda untuk dicicipi. Selain bagian tersebut, pastinya dada ayam dan daging ayam cincang merupakan pilihan utama untuk penggemar Yakitori.

 

Menggemaskan!

Menggemaskan!

photo: takigrill.comреклама курсовescort service siteфитнес верхние поляaltezza travel teamденьги в долг срочно на карту сбербанкаenglish into japanese translationtranslation from swedish to englishкратер нгоронгороденьги в долг фирмапарки африкизаповедник нгоронгоротур тайланд майвосхождение на килиманджаро мачаме программакредитная карта мужская картачугунная гусятницастоимость создания мобильного приложенияinvitations online weddingport to english translationпотолки деревянный дом

About the Author

Martial Artist

Leave A Response