Keindahan Pantai Siung Gunung Kidul Yang Mempesona

Pantai Siung Gunung Kidul Yang Mempesona

Yogyakarta mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik, tak terkecuali wisata pantainya. Anda bisa berlibur ke Pantai Siung tepatnya  di Dusun Wates, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul atau sekitar 77 Km dari Kota Yogyakarta. Untuk bisa sampai ke Pantai Siung ini anda akan melewati jalan yang berkelok-kelok dan menanjak selama beberapa jam. Namun selama perjalanan tersebut anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah dari hutan jati dan juga perbukitan kapur di sepanjang jalan. Setelah sampai di Pantai Siung Gunung Kidul ini semua kelelahan yang anda alami selama perjalanan akan terbayar oleh keindahan pantai  ini.

Hal yang dapat anda lakukan di Pantai Siung Gunung Kidul ini yaitu anda dapat berenang dan bermain pasir disekitaran pantai tersebut. Hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang pantai dan juga air pantai yang berwarna biru menambah keindahan alam pantai ini. Tak hanya itu, anda juga dapat menjumpai gugusan batu karang yang hanya berukuran satu meter saja. Jika anda tidak ingin berenang, anda juga bisa beristirahat di pinggiran kedai yang di sediakan sambil menikmati keindahan pantai yang mengagumkan.

Yang menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Siung Gunung Kidul yaitu pantai ini merupakan salah satu pantai yang mempunyai potensi alam yang luar biasa. Walaupun Pantai Siung belum begitu terkenal seperti Pantai Baron di kalangan para wisatawan, namun pantai ini mempunyai fasilitas olahraga panjat tebing di pinggiran pantainya yang patut anda coba. Bagi yang menyukai olahraga ini, selain dapat mencoba olahraga yang menguji adrenalin, anda juga dapat sekaligus menikmati keindahan Pantai Siung Gunung Kidul dari ketinggian. Tak hanya pemanjat tebing lokal saja yang sudah mencoba tempat panjat tebing ini, pemanjat dari luar negeri pun sudah banyak berdatangan untuk mencobanya.

Sebelum diresmikan sebagai lokasi ketertarikan terhadap panjat tebing, Pantai Siung Gunung Kidul dulunya merupakan pantai yang tidak terawat dan sepi pengunjung. Karena hal itu banyak masyarakat luas yang tidak mengetahui pantai ini. Namun pada tahun 2000 sesudah di resmikannya sebagai areal pemanjatan, satu persatu wisatawan mulai berdatangan untuk berkunjung mengisi liburan mereka. Sedikit demi sedikit pantai ini mulai berbenah diri untuk mempercantik diri. Sehingga pada tahun 2005 Pantai Siung Gunung Kidul dijadikan untuk lokasi Asean Climbing Gathering yang di ikuti oleh 250 pemanjat professional.

Jika anda ingin berkemping Pantai Siung Gunung Kidul, terdapat rumah panggung kayu yang bisa dimanfaatkan untuk base camp untuk mendirikan tenda yang bisa menampung untuk 15 orang. Anda dapat menyewa tempat tersebut dengan menyewa pada warga setempat untuk menikmati keindahan Pantai Siung pada malam hari.

Itulah ulasan mengenai Pantai Siung Gunung Kidul yang dapat dijadikan referensi untuk anda berlibur. Semoga informasi ini dapat membantu anda.

About the Author