Keindahan Objek Wisata Telaga Warna Dieng Wonosobo

Keindahan Objek Wisata Telaga Warna Dieng Wonosobo

Telaga Warna yaitu salah satu tempat wisata terbaik yang berada di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo. Obyek wisata yang sudah populer di kalangan para wisatawan ini merupakan destinasi wisata yang tidak boleh ketinggalan dikunjungi jika sedang berada di kawasan ini. Berada pada ketinggian 2000 mdpl tak menyurutkan niat para wisatawan untuk mengeksplore keindahan alam Telaga Warna Dieng Wonosobo ini. Mengapa diberi nama Telaga Warna, karena telaga ini mempunyai warna yang berubah-ubah. Terkadang berwarna hijau, kuning dan biru laut. Warna-warna tersebut terjadi karena adanya sulfur yang terkandung pada air telaga. Sehingga pada saat air permukaan telaga tersebut terkena sinar matahari, maka akan nampak berwarna-warni.

Karena lokasinya yang berada di dataran tinggi dan dikelilingi dengan pepohonan hijau  membuat udara di sekitar kawasan Telaga Warna Dieng Wonosobo menjadi sejuk. Tak hanya menjumpai telaga yang menakjubkan, anda juga akan disuguhkan dengan pesona keindahan alam yang berada di sekitar telaga tersebut. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Telaga Warna yaitu pada saat pagi hingga menjelang siang hari, karena pada sore hari biasanya daerah di sekitar telaga tertutup dengan kabut tebal sehingga wisatawan tidak dapat menikmati keindahan Telaga Warna Dieng Wonosobo secara maksimal.

Selain telaga warna, anda juga dapat mengunjungi obyek wisata lain seperti Telaga Pengilon yang terletak bersebelahan dengan Telaga warna. Jika anda terus menyusuri jalan setapak maka anda akan menjumpai beberapa gua, seperti gua semar, gua jaran dan juga gua sumur. Karena unsur magis masih sangat kental di daerah ini, maka pada saat-saat tertentu gua-gua tersebut sering di jadikan sebagai tempat ritual upacara tertentu. Sebagai contoh ketika terdapat upacara Muspre dan Mabakti yang di hadiri oleh wisatawan umat hindu dari Bali yang melaksanakan acara tersebut di Gua Semar.

Tempat yang tidak kalah menarik dari Telaga Warna Dieng Wonosobo ini yaitu  Batu Pandang Ratapan Angin, dimana anda dapat menyaksikan keindahan Telaga warna dari ketinggian. Tempat ini mempunyai spot menarik, sehingga banyak wisatawan yang mengabadikan moment di tempat ini untuk berfoto. Meski tidak mudah untuk mencapai tempat ini karena jalannya yang menanjak, namun anda tidak akan menyesal begitu melihat keindahan pemandangan Telaga Warna Dieng Wonosobo tersebut dari ketinggian.

Akses menuju Telaga Warna Dieng Wonosobo ini dapat ditempuh selama 1 jam dari kota Wonosobo. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika anda akan berkunjung ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan anda dalam keadaan yang baik. Hal tersebut dikarenakan medan yang harus dilalui memang cukup berliku dan menanjak. Selain itu, anda harus mengendarai kendaraan anda dengan hati-hati karena terdapat beberapa jalan yang memiliki lereng yang curam.

Demikian adalah sedikit ulasan mengenai Telaga Warna Dieng Wonosobo, semoga bermanfaat untuk anda.

About the Author