Jalan Jalan Ke Museum Kota Makassar

museum kota makassar

Tepat di tengah-tengah kota Makassar terdapat sebuah bangunan yang bergaya Eropa sekitar abad ke 17 dengan bangunan sebanyak dua lantai. Bangunan tersebut adalah sebuah museum yang bernama Museum Kota Makassar.

Museum ini berlokasi di Jalan Balaikota. Museum ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari titik pusat Kota Makassar atau sekitar 25 kilometer dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Di dalam gedung ini tersimpan 560 koleksi benda bersejarah yang merekam perjalanan Kota Makassar dari zaman ke zaman. Begitu pengunjung museum memasuki halamam museum, maka para pengunjung akan langsung disuguhkan dengan pemandangan berupa sebuah anak meriam tua.

Meriam tua tersebut tergeletak begitu saja di tanah dengan tubuh kecoklatan. Meriam yang terbuat dari besi tersebut diperkirakan telah berusia lebih dari 300 tahun. Meriam ini digunakan dalam perang Makassar pada abad ke-17.

Masuk ke dalam gedung, suasana zaman kolonial Belanda akan segera terasa. Dinding-dindingnya yang tebal, jendela-jendela kayu yang lebar, beberapa ornamen gantung, seluruhnya masih utuh terjaga.

Museum kota ini dibangun pada tahun 1916 dengan menggunakan arsitektur asli Eropa. Nah, saat ini museum tersebut telah memiliki berbagai koleksi benda-benda bersejarah. Seperti benda-benda arkeologi, benda-benda pusaka, foto-foto Makassar masa lalu, dan salinan naskah bersejarah.

Di dalam museum kota tersebut  terdapat benda-benda arkeologi dengan berbagai motif batu yang ditemukan di Benteng Somba Opu Makassar seperti motif lingkaran, tumpal, garis, geometris, pilin berganda dan garis mender lengkung.

Tak hanya itu, di museum ini juga terdapat bola-bola meriam yang pernah dilontarkan Belanda saat membombardir Benteng Somba Opu dalam perang Makassar masih tersimpan. Bahkan, ada juga berbagai koleksi keramik dan foto-foto. Misalnya saja Keramik Cina dan Jepang pada masa Dinasti Ming abad ke 14-17 yang dibawa para pelaut Makassar dari negeri asalnya dan foto-foto tentang bangunan bersejarah kota Makassar, baik yang masih bertahan sampai sekarang maupun yang sudah musnah.

Ada juga foto tentang pelayaran orang Makassar ke Australia mencari teripang antara tahun 1881 sampai 1907 dan foto-foto bangunan ibadah bersejarah seperti Mesjid Melayu, Gereja Katedral, Mesjid Katangka. Koleksi foto dari mendiang Wali Kota Makassar, Daeng Patompo. Foto-foto mantan Wali Kota Makassar.

yandex раскрутка сайтаbest massage in dubaiпланета фитнес марьино отзывывосхождение на гору килиманджаро маршрут ронгаивзять кредит на мтс на телефонwedding ceremonies caricaturistраскрутка в социальных сетях юридических услугвосхождение на килиманджаро сафари занзибарденьги в долг под расписку одессадать деньги в долг под проценты распискасафари африка туроператорденьги в долг липецкденьги в долг мегафон сибирьзанзибар билеты ценаразработка андроидtatkraft аксессуары для ваннойсковорода гриль ценасроки продвижения сайтапроизводство домов.

About the Author

Leave A Response