Beranda » Blog » Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum ke Korea Selatan

Ditengah populernya boyband, girlband, dan drama Korea, tentunya membuat kita juga penasaran seperti apa sih Korea Selatan itu? Apakah semua cowoknya ganteng-ganteng seperti Lee Min Ho, atau cantik-cantik seperti Yoona dari girlband SNSD? Nah buat Liburaners yang berencana liburan ke Korea Selatan, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum berangkat:

  • Waktu Terbaik Berwisata ke Korea Selatan

Photo: Festival Cherry Blossom di kota Jinhae (April)

Jika kamu menemukan promo tiket ke Korea Selatan, jangan langsung tergoda untuk membeli! Perlu diperhatikan pada musim apa promo tiket itu berlangsung. Korea Selatan merupakan negara 4 musim yakni musim panas, semi, gugur, dan musim dingin. Setiap musimnya memiliki keindahan dan romansa tersendiri. Tetapi, menurut data survey yang dilakukan oleh tim pengenliburan.com, musim yang paling populer untuk berwisata ke Korea adalah pada saat musim semi dan musim gugur.

Mengapa?

Pada saat musim semi dan gugur, cuacanya tidak begitu dingin dan hawanya cenderung lebih segar. Namun tetap perlu diperhatikan bahwa membawa jaket tebal dan payung itu juga penting, karena pada musim-musim ini curah hujan juga terkadang lumayan tinggi. Bulan terbaik untuk berkunjung ke Korea adalah bulan akhir Maret-April (untuk musim semi) dan bulan October-November (untuk musim gugur). Pada saat musim semi, bunga-bunga cherry yang berwarna putih bermekaran dengan indahnya dan pastinya cocok buat kamu yang ingin punya foto kece yang instagram-able. Tempat terbaik untuk melihat bunga cherry yang bermekaran adalah di taman Yeouido Park (terdapat festival cherry blossom pada bulan april), Jeju Island, Namsan Tower (Seoul Tower), Kyunghee Unversity, Changgyeonggung Palace, dan Kota Jinhae.

Tonton video wisata korea musim semi pengenliburan.com disini

Photo: Autumn di Nami Island

Sedangkan untuk musim gugur, warna-warna daun yang kemerahan, kuning, orange, justru punya daya tarik tersendiri yang membuat pengalaman berwisata kamu jauh lebih romantis. Peak time pada saat musim gugur di Korea adalah bulan November. Tempat terbaik untuk melihat keindahan daun-daun kemerahan ini adalah di Nami Island, Taman Banpo Hangang, Taman Nanji Hangang, Gyeongbokgung Palace, Mount Seorak, Sungai Jungnangcheon dan jalan Yeouiseo-ro di Yeouido dianggap rute musim gugur terbaik. Jalan Samcheongdong-gil, area Itaewon dan jalur sungai Cheonggyecheon juga masuk ke dalamnya.

  • Bikin Visa Korea

Berdasarkan pengalamanku, bikin Visa Korea itu adalah yang paling susah. Susah dalam artian belum tentu keterimanya. Bahkan orang yang sering keluar negeri pun bisa ditolak. Seringnya tidak diberitahukan apa alasan di tolak sehingga terkadang kita nggak tau juga masalahnya apa. Adanya kemungkinan nggak lolos visa ini sebenarnya dikarenakan banyaknya orang Indonesia yang kabur setelah mendapatkan visa turis di Korea sehingga pemerintah Korea lebih selektif.

 

Nah berikut hal-hal yang aku pikir penting sekali diperhatikan kalau mau lolos visa ke Ke Korea:

  1. Melampirkan SPT Pajak Tahunan. Yakinlah bahwa hal ini sangat penting. Kalau misal kamu adalah pegawai freelance yang nggak tetap pemasukannya, kamu tetap harus membuat NPWP dengan mengisikan gaji dibawah 4 juta (agar nilai pajak penghasilannya 0 alias bebas pajak). Bahkan untuk ibu rumah tangga pun kamu harus membuat surat keterangan yang menerangkan bahwa kamu adalah ibu rumah tangga yang tidak mewakili npwp.
  2. Rekening tabungan. Paling tidak di dalam tabungan ada uang minimal 10-15juta yang dimasukkan secara berkala dan tidak dalam 1 kali transaksi supaya tidak terlihat mencurigakan.
  3. Banyaknya Cap Visa. Terkadang hal ini bisa jadi faktor juga. Jika kamu adalah pria muda yang paspornya masih bersih mulus, ada kemungkinan Visa kamu bisa ditolak. Karena bisa jadi kamu dicurigai bakal kabur. Jadi sebaiknya kunjungi dulu negara-negara sekitaran ASEAN untuk menambahkan tingkat kepercayaan.
  4. Surat keterangan kerja. Ini satu hal yang penting banget. Jika tabungan kamu nggak banyak dan paspor kamu masih bersih atau baru, surat keterangan kerja ini jadi sangat penting sebagai jaminan kalau kamu nggak akan kabur dan memiliki pekerjaan tetap. Ada kemungkinan besar bahwa pihak kedutaan Korea akan menelpon kontak yang kamu sertakan di surat ini. Jadi pastikan kalau perusahaannya bukan abal-abal ya.
  • Mata uang Korea = Won

Bepergian keluar negeri kadang bisa tricky karena ada kalanya kita galau antara mau nuker uang di Indonesia atau ngambil uang dari mesin atm disana. Jadi nilai tukar Won dan IDR itu adalah sekitar 1 Won = USD 0,00089 = Rp 11,83 (dapat berubah sewaktu-waktu). Dianjurkan untuk membawa Won dan USD karena mudah ditukarkan di money changer. Tetapi berbelanja dengan menggunakan atm pun kursnya terkadang bisa lebih murah daripada di money changer. Bank yang sering saya gunakan sewaku belanja di luar negeri adalah Bank Mandiri.

  • Perbedaan waktu

Perbedaan waktu di Korea 2 jam lebih cepat daripada di Indonesia (WIB), jadi semisal di Jakarta jam 5 sore, maka di Korea jam 7 malam.

  • Colokan Listrik di Korea

 

Voltage  : 110-120 V

Electric Plug : Ungrounded plug with two parallel (atau sama dengan di Indonesia)

 

 

  • Makanan Halal

Sebagai negara dengan mayoritas non-muslim, tentunya mencari makanan halal bisa terbilang susah. Namun, saat ini pemerintah Korea sudah memulai untuk menggiatkan pariwisata yang muslim-friendly. Mulai dari ketersediaan resto halal, hotel yang menunya halal, hingga ketersediaan tempat shalat di beberapa tempat umum. Nah jumlah restoran di Seoul yang telah mendapatkan sertifikat Halal dari lembaga semacam MUI di Korea sana jumlahnya adalah sekitar 11 restaurants, dengan tambahan beberapa restaurant yang muslim-friendly. Muslim-friendly ini seperti apa sih kategorinya? 1) Restoran bersertifikasi halal resmi adalah restoran yang disertifikasi oleh lembaga sertifikasi eksternal resmi dan hanya menjual menu halal. Sementara 2) restoran bersertifikasi halal sendiri adalah restoran yang pemiliknya menyatakan kehalalan menu yang dijual oleh restorannya. Selain itu, 3) restoran Ramah Muslim adalah restoran yang sebagian menunya halal. Sedangan 4) restoran bebas babi adalah restoran yang tidak menggunakan babi sama sekali dalam bahan makanannya.

Download peta dan daftar rumah makan halal/muslim-friendly serta lokasi mushala/tempat shalat di Korea Selatan disini

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.