Festival Tahunan Grebek Maulud atau Sekaten Yogyakarta

Setiap tahunnya di Yogyakarta ada pelaksanaan tradisi Maulud Nabi atau yang lebih dikenal oleh masyarakat jawa sebagai perayaan Grebeg. Upacara Grebeg merupakan ritual budaya sebagai puncak perayaan Sekaten untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Upacara Grebeg ini digelar di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Grebeg-Maulud 1

Festival Grebeg Maulud, image by jogjanews.com

2034141620X310 5

Festival Grebeg Maulud, image by 4kompas.blogspot.com

Melihat dari asal bahasanya, Grebeg berasal dari kata “Gumrebeg” yang berarti riuh dan ramai. Hal itu menggambarkan pada saat acara Grebeg, suasananya sangat riuh dan ramai. Dalam upacara ini masyarakat Yogyakarta maupun luar kota bisa ikut berpartisipasi menjadi satu di alun-alun utara Yogyakarta. Dalam upacara ini dikeluarkan Kagungan Dalem Pareden (Gunungan). Gunungan yang dikeluarkan yaitu terdiri dari Gunungan Lanang (pria), Gunungan Wadon (wanita), Gunungan Gepak dan Gunungan Pawohan.

jogja-co-grebeg-maulud 3

Festival Grebeg Maulud, image by jogja.co

antarafoto-GrebegMaulud050212-2 7

Festival Grebeg Maulud, image by antarafoto.com

Gunungan dalam upacara Grebeg mempunyai makna dan filosofi tersendiri. Gunungan tersebut terbuat dari hasil bumi seperti palawijo, buah dan sayur-sayuran, serta jajanan. Gunungan yang berisi hasil bumi tersebut melambangkan bahwa sang raja mengayomi rakyatnya untuk kemakmuran rakyatnya. Gunungan tersebut dibagikan dan diperebutkan oleh masyarakat karena masyarakat percaya jika mendapatkannya akan memperoleh berkah dan kemakmuran atau yang lebih dikenal dengan Ngalap Berkah.

Warga berebut Gunungan saat prosesi Grebeg Besar di halaman Masjid Gede Yogyakarta, DIY, Rabu (17/11)

Festival Grebeg Maulud, image by satuislam.org

 Ada banyak makna yang terkandung dalam perayaan Grebeg di Yogyakarta. Perayaan ini selain memperingati Nabi Muhammad SAW juga ada hubungan yang sangat dekat dengan rakyatnya. Seorang raja memberikan berbagai hasil bumi untuk kemakmuran rakyat yang di simbolkan dengan gunungan.

окна металлопластиковые рекламаmayfair dubai escortsэлитные радиаторыхочу присоединиться к группе путешественников какзаполнить заявку на кредитную картуny wedding caricaturistportuguese translation from englishи экскурсии по танзаниисафари африка украина заказать турнациональный парк килиманджарденьги в долг уфа под процентытуры греци¤ май 2015деньги в долг срочно курск под распискукакие прививки нужны танзани¤товары для дома сеть магазиновдекларация про доходы бланкмассовая проверка prcartoonmakerкаркасный дом петербург.

About the Author

SV Bahasa Korea Universitas Gadjah Mada'2012

Leave A Response