Es Pisang Ijo, Wisata Kuliner di Kota Makassar

pisang hijau

Kota Makassar memiliki berbagai wisata yang sangat menakjubkan, dari mulai kerajaan Gowa hingga pulau-pulau yang tidak memiliki penghuni. Tak hanya itu saja, kota Makassar juga sarat dengan suguhan kuliner yang wajib dicicipi.

Ketika mengunjungi kota Makassar, sebaiknya kamu jangan sampai melewatkan beberapa makanan khas Makassar  yang bisa kamu santap. Apa saja sih makanan khas dari kota Makassar tersebut? Salah satu wisata kuliner di kota Makassar adalah es pisang ijo. Seperti apa es pisang ijo? Simak uraiannya berikut ini.

Kuliner khas kota Makassar yang pertama adalah es pisang ijo. Konon katanya es pisang ijo adalah makanan khas warga Makassar saat bulan ramadhan. Makanan ini agak mirip dengan salah satu menu khas kota ini bernama pallu butung.

Sama-sama terbuat dari pisang, namun pisang di pallu butung tidak tertutupi dengan kulit tepung yang berwana hijau. Namun tidak lagi untu saat ini. Kini es pisang ijo bisa kita temui kapan saja. Bahan untuk membuat es pisang ijo tidaklah terlalu banyak. Anda hanya perlu santan, tepung beras, gula pasir, daun pandan dan garam untuk membuat buburnya. Sedangkan pisangnya diracik dengan bahan tepung sagu, tepung beras, pisang raja yang matang, air daun suji serta pewarna hijau.

Jangan lupa juga untuk menambahkan es serut, sirup coco pandan dan susu kental manis. Es pisang ijo juga akan semakin lezat dengan ditambahkannya bubur sumsum yang lembut. Nah, saat semua bahan sudah siap disajikan, pisang ijo biasanya di potong-potong dengan ukuran yang disesuaikan dengan porsi sekali lahap.

Es pisang ijo makin disukai di Kota Makassar mengingat cuaca di Makassar yang cenderung panas. Dengan menyantap es pisang ijo di siang hari yang terik, kerongkongan peminumnya akan menjadi lebih sejuk.

Makanan yang menggoda lidah ini bisa ditemukan di berbagai tempat di kota Makassar. Salah satu warung yang menjajakan makanan khas ini ada di Warung Bravo yang terletak di Jalan Andalas 154, Makassar. Seporsi es pisang ijo bakal dihargai kurang lebih 13,500 rupiah.

About the Author

Leave A Response