Dewa Bejo dengan Aneka Ragam Wisatanya

dewa bejo

Dewa bejo adalah desa yang berada di Kabupaten gunungkidul yang terletak di Karangmojo. Desa ini juga biasa disebut dnegan nama desa wisata Bejiharji. Lokasinya tidak jauh dari ibu kota kabupaten Gunungkidul atau wonosari. Mata pencaharian utama di desa tersebut ialah bertani dan berdagang dengan jumlah penduduk kurang dari 14.600 atau 3.830 kepala keluarga.

Desa ini dijadkan sebagai obyek wisata, baik dari dalam maupun luar negeri dikarenakan potensi wisatanya. Jika dibandingkan dengan daerah lainnya di kabupaten gunung kidul, maka desa ini memiliki air bersih yang sangat melimpah. Hal ini sebenarnya wajar mengingat sumber mata air bawah tanah yang  muncul ke permukaan terdapat di desa tersebut. Adapun untuk wisata dari desa wisata ini cenderung kompleks, yaitu berupa sisi budaya, sisi alam, sejarah dan edukasi.

Untuk sisi alam, kamu diajak untuk menyusuri goa yang banyak terdapat di desa tersebut sehingga bisa dijadikan sebagai wisata petualangan. Goa-goa tersebut ialah goa pindul, goa glatik, goa banyumoto, telaga mriwis putij, sendang sumurup dan lain-lain.

Nah, yang paling bagus ialah goa pindul karena memiliki stalagtit terbesar dan menyerupai tirai. Untuk sisi sejarah, disana terdapat situs Megalitikum Sokoliman (sejarah manusia purba). Selain situs, ada juga monument panglima besar Jenderal sudirman yang merupakan penanda perisitiwa pengeboman desa bejiharo.

Adapaun dari sisi budaya ialah pertunjukkan wayang beber Mangunjoyo, Doger, Gejog lesung, cerita legenda Gedong gelaran, dan egrang. Untuk wayang beber merupakan khazanah yang amat langka, didunia hanya tinggal dua yakni satu dipacitan dan satu di dusun gelaran, yang masuk desa wisata Bejiharjo. Sedangkan untuk sisi edukasi ada budidaya lele skala rumah tangga, penyulingan minyak kayu putih dan juga pembuatan blangkon solo maupun mataram.

Sebanyak 15 homestay telah disediakan untuk mendukung keberadaan desa wisata dengan biaya sebesar Rp. 25.000 per orang untuk yang kelas sederhana dengan fasilitas kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu. Sedang untuk kelas atas biaya sebesar Rp. 30.000 per orang dengan fasilitas kamar tidur, kamar mandi, dan gazebo.

Untuk menuju desa bejo, kamu bisa menggunakan roda dua atau empat dari yogyakarta dengan kendaraan umum jurusan wonosari kemudian ganti dengan angkutan yang menuju arah Karangmojo

анализ ключевых запросовarab escorts in dubaiхфит марьинопобывать на настоящем африканском сафарианкета заявление на получение кредитаcartoon makerмногоярусные клумбыпутевки май 2013анкета заявление на получение кредитаальтеза африкаегипетвозьму деньги в долг самаратанзани¤ нужна ли виза altezza travelсафари стоимость altezza travelпутевка в болгарию из харькова автобусомчерногория путевки на лето 2015 корал тревелводяные радиаторы отопленияtranslator turkishкерамика сковорода.

About the Author

Leave A Response