Destinasi Obyek Wisata Yang Ada Di Dieng Wonosobo

Obyek Wisata Yang Ada Di Dieng Wonosobo

Dieng merupakan sebuah dataran tinggi di Jawa Tengah yang berada di 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Lokasinya yang berada di ketinggian 2093 mdpl ini membuat  suhu udara di sekitar wilayah tersebut menjadi sangat sejuk. Hal yang tidak kalah menarik di dataran tinggi Dieng ini terdapat berbagai macam destinasi wisata yang menarik yang sayang untuk anda lewatkan. Jika anda sedang berkunjung ke daerah ini, anda harus menyempatkan untuk melihat obyek wisata Dieng. Di bawah ini adalah beberapa obyek wisata Dieng yang harus anda kunjungi :

  1. Telaga Warna

Obyek wisata Dieng yang wajib dikunjungi yaitu telaga warna. Telaga warna yang berada di Kabupaten Wonosobo ini mempunyai warna yang berubah-ubah setiap waktu. Warna yang mendominasi telaga tersebut antara lain hijau, putih kekuningan dan juga biru laut. Menurut sejarah, warna yang muncul pada permukaan telaga tersebut karena dulunya ada cincin milik bangsawan yang jatuh ke dalam telaga, sehingga masyarakat percaya cincin tersebut yang membuat warna telaga menjadi berwarna warni. Namun secara ilmiah warna yang berbeda dari permukaan telaga tersebut karena adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga.

  1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir juga merupakan obyek wisata Dieng yang cukup populer di kalangan traveller. Merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah karena berada di ketinggian 2.200 mdpl tepatnya di Desa Sembungan, Kecamatan Dieng Kabupaten Wonosobo.  Para wisatawan ketagihan untuk berburu sunrise yang berwarna kekuningan seperti kunir. Dengan adanya hal itu masyarakat menamainya dengan Bukit Sikunir.

  1. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan salah satu obyek wisata Dieng yang juga merupakan tempat andalan jika sedang berada di Dieng. Disana anda dapat melihat kawah berwarna putih yang dipadukan dengan hamparan perbukitan hijau. Asal mula nama Sikidang karena magma yang terdapat di bawah kawah selalu berpindah-pindah layaknya Kidang. Kidang dalam bahasa Indonesia berarti Kijang dan hingga sekarang kawah tersebut di juluki sebagai Kawah Sikidang. Selain dapat melihat kawah yang putih yang begitu mempesona, anda juga dapat membeli cindera mata di kawasan Kawah Sikidang tersebut.

  1. Candi Dieng

Candi peninggalan para kerajaan pada jaman dahulu ini memang banyak tersebar di seluruh Indonesia, tak terkecuali di obyek wisata Dieng. Di dieng terdapat beberapa candi Hindu digunakan untuk acara adat ruwatan rambut gembel. Tradisi sakral ini selalu diadakan setiap tahun yang diikuti oleh beberapa anak di kawasan Dieng untuk di cukur rambut gembelnya. Masyarakat percaya dengan adanya ruwatan rambut gembel ini, anak tersebut dapat terhindar dari segala mara bahaya. Tradisi tersebut juga masih di gunakan hingga sekarang.

  1. Sumur Jalatunda

Obyek wisata Dieng yang terakhir yaitu  Sumur Jalatunda. Berlokasi di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur Banjarnegara atau sekitar 12 km dari wisata utama di Dieng. Tempat ini dulunya adalah sebuah ceruk rekahan kawah yang lama kelamaan digenangi air yang berkedalaman kurang lebih 200 meter. Untuk mencapai Sumur Jalatunda ini anda harus menaiki 257 anak tangga agar dapat melihat keindahan sumur tersebut.

Demikian adalah beberapa obyek wisata Dieng yang layak anda kunjungi, semoga bermanfaat untuk anda.

About the Author

SEO Specialist , Internet Marketing, Anime Lover, Blogger,