Coto Makassar Kuliner dan Oleh Oleh Khas Makassar

coto makassar

Makassar terkenal dengan berbagai wisatanya. Salah satunya adalah wisata kuliner. Salah satu wilayah kuliner yang paling terkenal di Makassar adalah Coto Makassar. Kendati kini banyak ditemui kedai coto di beberapa kota lain di Indonesia, namun tetap saja mencicipi coto di kota aslinya jauh lebih nikmat.

Coto adalah masakan tradisional yang terbuat dari jeroan daging sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Jeroan yang digunakan biasanya seperti babat, lidah, ati yang kemudian dicampur dengan daging sapi yang kemudian diiris dan dibumbui dengan racikan yang khusus dipergunakan untuk memasak coto. Biasanya, Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan menggunakan ketupat, buras atau lontong.

Dua kedai coto yang cukup populer di Makassar adalah Coto Nusantara yang lokasinya di jalan Nusantara dan tidak jauh dari benteng Rotterdam dan pantaik losari. Sedangkan yang satu lagi adalah Aroma Coto yang berada di Jl. Gagak. Warung coto ini terlihat sangat biasa dan tidak ada pendingin udara. Hanya ada jajaran kursi yang selalu dipadati oleh pengunjung.

Kedai ini juga cukup panas mengingat adanya kobaran api yang berasal dari tungku tanah yang diguankan oleh penjual coto tersebut. Tungku ini menjadi prasyarat memasak coto karena menambah rasa dan wangi khas hidangan. Satu mangkuk coto dengan 2 buah ketupatĀ  dihargai sekitar 14 ribu rupiah pada tahun 2012. Harga ini cukup murah jika dibandingkan dengan kelezatan kuliner nusantara yang berasal dari Makassar tersebut.

Selain dikunjungi oleh masyarakat umum, kedai ini juga kerap kali dikunjungi oleh para pejabat seperti Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan jajarannya serta Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono.

Coto nusantara yang dimiliki oleh Salawati ini memang sering menjadi jujugan para tokoh terkenal meskipun bukan termasuk restoran kelas atas dan bangunannya biasa saja. Hal tersebut dikarenakan cita rasa cotonya yang mampu menarik para pecinta kuliner untuk mencicipinya.

Coto nusantara dibuka dari pukul 7 pagi hingga 5 sore dan telah berdiri sejak 30 tahun yang lalu. Jika ingin yang buka 24 jam, maka kunjungi saja aroma coto yang berada di jalan gagak no 27.

About the Author

Leave A Response