Berwisata Ke Pulau Langkai di Makassar

langkai

Pulau Langkai adalah salau satu dari tiga pulau terluar yang berada di Makassar. Pulau langkai berjarak sekitar 36 km dari kota Makassar. Dengan luas mencapai lebih dari 27 ha, posisi pulai ini berada sekitar 5,5  km di selatan Lanjukang.

Pulau yang dikelilingi dengan rataan terumbu seluas 142 ha ini berlokasi di Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Ujung Tanah. Pada sebelah utara dari pulau ini terdapat sebuah dermaga perahu. Untuk menuju ke pulau ini, para wisatawan bisa menggunakan perahu carteran atau sekoci dengan biaya 750 ribu rupiah dikarenakan belum tersedianya transportasi regular untuk menuju pulau Langkai ini.

Penduduk yang berada di pulau ini bisa dibilang cukup padat. Hal ini bisa dilihat dari jumlah penduduk yang mencapai 430 jiwa dengan KK sebanyak 127. Sebanyak 80% penduduk berasal dari suku Bugis (Maros, Pangkep). Sisanya atau sebanyak 20% dibagi merata dari suku Mandar, suku Makassar (Takalar, Makassar, Gowa).

Mata pencaharian utama penduduk Pulau Langkai adalah 55% sebagai nelayan pancing, 31% nelayan dengan menggupakan pukat atau jaring 31%, 5% sebagai pengrajin perahu, serta sebagian kecil sebagai pedagang atau kelontong, guru dan Pegawai Negeri.  Di pulau ini terdapat instalasi listrik dengan 2 buah generator yang beroperasi antara pukul 17.30 – 21.00 Wita.

Perairan Timur pulau ini merupakan alur pelayaran kapal dari dan ke Dermaga Soekano-Hatta Makassar dengan kedalaman lebih dari dari 30 m. namun, ada juga beberapa tempat yang kedalamannya kurang dari 10 m.

Dengan jarak kurang darl 2 km dari dataran terumbu, kita dapat menjumpai perubahan kedalaman yang drastis mencapai lebih dari 200m pada bagian darat. Para wisatawan biasanya memanfaatkan tempat ini untuk memancing. Di sekitar pulau ini masiht erdapat ikan kerapu, ikan Kaneke, udang mutiara, ikan cakalang, tinumbu, bambangang, hiu, lamuru, cepa (kuwe), sunu, kerapu dan ikan terbang serta napoleon.

Meski begitu, terumbu karang di daerah ini kondisinya sudah kurang baik. Pulau ini cocok untuk dijadikan sebagai obyek wisata seperti untuk melihat kehidupan sehari-hari nelayan pancing, termasuk cara pengrajin perahu membangun dan merawat perahunya.

продвижение сайта наверхindependent escorts ukзебра фитнес клуб на люблинскойтурфирма килиманджаро екатеринбургкредитные карты банк возрождениепродвижения бренда через интернет 5 способовраскрутка в социальных сетях киевмикрозаймы онлайн на карту сбербанкагде сезон отдыха в маеденьги в долг под расписку кировпутевки на майтуры май испани¤африканское сафари диего началокредитная карта от альфа банка мои правилауголовный кодекс украины 2012 скачатьизменения в ук украины 2012дизайн ванновыплата алиментов в украинеподдержка сайта в москве.

About the Author

Leave A Response