Berkunjung ke Masjid Agung Syekh Yusuf atau Masjid Tua Katangka

katangka

Masjid Katangka disebut juga Masjid Agung Syekh Yusuf merupakan masjid tertua di Gowa. Masjid ini dibangun pada tahun 1603 M ketika masa pemerintahan raja Gowa XIV (Sultan Alaudin I).

Nama dari masjid ini diambil diambil dari nama seorang sufi yang kharismatik yang dipuja oleh masyarakat Sulawesi Selatan. Sufi tersebut bernama Syekh Yusuf al-Makassari yang merupakan kerabat raja Gowa.

Pemerintah Indonesia menetapkan Syekh Jusuf sebagai pahlawan nasional dan di Afrika Selatan. Beliau mendapat tempat yang sangat istimewa di hati rakyat sebagai pahlawan pembebasan kaum tertindas dan juga dianugerahi gelar sebagai pahlawan nasional.

Masjid Tua Katangka adalah masjid yang berlokasi di Desa Ketangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Masjid ini berbatasan langsung dengan kompleks makam Katangka dan perkampungan di sebelah selatan dan barat.

Pada bagian utaranya masjid ini berbatasan dengan jalan Raya Syeh Yusuf  dan perkampungan di sebelah baratnya. Mesjid Tua Katangka disebut juga dengan nama Masjid Agung Syeh Yusuf. Masjid tua katangka adalah masjid pertama  sekaligus masji teruta yang berada di Pulau Sulawesi dan di wilayah waktu Indonesia bagian tengah.

Di Indonesia, masjid ini termasuk ke dalam masjid tertua dan berada di urutan yang ke Sembilan. Dengan dibangun di atas tanah di dengan areal seluas 610 m², masjid tua katangka memiliki luas bangunan mencapai 212,7 m² dengan posisi masjid menghadap ke timur. Masjid ini memiliki halaman depan, serambi di depan dan ruang utama. Dinding serambi luar berkerawang dari tembok. Pintu masuk ke serambi ada dua buah masing-masing berdaun pintu dua.

Di serambi utara bagian luar masjid terdapat tempat untuk berwudhu. Dinding pembatas antara serambi dan ruang utama terbuat dari tembok tertutup. Pintunya tiga buah untuk menuju ke ruang utama. Dinding di sebelah utara, selatan, dan barat berjendela masing-masing dua buah terdapat tulisan Arab berbahasa Makassar. Ruangan utama masjid terdapat tiang dan mihrab serta mimbar. Mihrab berada di dinding bagian barat dan terbagi menjadi 3 yaitu, bagian muka, tengah dan bawah.

пример раскрутки сайтаlebanese escortsрадиаторы конрадкилиманджаро турыбизнес план кредитного потребительского кооперативапродвижение сайта бренда средствами prlanguage spanish translationнедорогие туры в мае 2015альтеза турпутешествие в танзанию ценытур кипр май 2015краткосрочный беспроцентный займ образецденьги в долг отзывы москвапутевки в май¤мимагазин посудамагазин аксессуаров для кухнималенькая ванная комната с душевой кабиной дизайнdictionary translation english to frenchзавод посуды москва.

About the Author

Leave A Response