Berburu Mie Titi Khas Makassar

mie titi

Salah satu wisata kuliner yang cukup terkenal di kota Makassar adalah masakan tionghoanya. Nah, di Makassar kamu bisa merasakan hidangan ini dengan nama populer mie titi.

Tiga jaringan kedai Mie Titi yang paling tersohor dan menjadi jujugan para pecinta kuliner adalah yang berada di jalan Irian, jalan Boulevard dan jalan Datuk Museng. Jika dilihat secara sekilas, mie ini tidak jauh berbeda dengan masakan mie jenis lainnya.

Namun begitu mencicipinya, kamu akan menyadari bahwa mie ini jauh lebih enak dibangdingkan dengan mie yang lain. Mie yang presentasinya sejenis dengan ifumi ini disajikan dengan kuah kental dan irisan udang, hati, ayam, jamur, bakso, cumi dan beragam sayuran.

Perbedaannya dengan ifumi adalah kerna mie titi lebih tipis volume mie-nya. Mie ini terlihat sangat istimewa dengan siraman kuah kentalnya yang tidak terlalu banyak plus seafood, bakso dan sayurnya. Apalagi jika ditambahkan dengan perasan jeruk nipis, mie titi ini akan bertambah lezat rasanya. Mie titi lebih pas dihidangkan saat panas dengan asap yang masih mengepul. Rasakan kuah mie titi berpadu dengan kriuk mie yang nikmat.

Kepopulern mie titi sebenarnya tidak lepas dari sosok Angko Tjao yang tak lain adalah ayah dari Freddy Koheng, pemilik usaha mie titi yang berada di jalan Irian. Kini ruas jalan itu disebut dengan jalan Dr . Wahidin Sudirohusodo.

Nama “titi” mengacu pada sebutan dalam bahasa Tionghoa yang berarti adik laki-laki. Seiring dengan berjalannya waktu, usaha mie titi ini diwariskan kepada keluarganya. Nama Anko tjao sudah tidak asing bagi warga Tionghoa yang tinggal disana karena beliau terkenal sebagai pedagang mie yang khas.

Ketika itu, warga Tionghoa biasa menyebut dagangannya dengan nama mie dadar atau mie yang digoreng. Salah satu outletnya yang berada di Boulevard Panakkukang sangat ramai meski sudah larut malam. Untuk satu porsinya, mie titi diharga sekitar 15 ribu rupiah.

Rasa asin, serta kocokan putih telur yang tercampur rata dalam setiap hidangannya membuat siapapun merasakan kenikmatannya. Jika ingin citarasa pedas, tuangkan sedikit sambal tergantung selera.

About the Author

Leave A Response