Berburu Gerabah di Kasongan, Yogyakarta

kasongan

Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk berkunjung ke Kasongan. Kasongan sendiri berlokasi di kota Yogyakarta bagian selatan, tepatnya kurang lebih 6 km dari pusat kota Yogyakarta.

Alamat lebih lengkapnya adalah di pedukuhan Kajen, desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul.  Kasongan dikenal sebagai sebuah desa penghasil kerajinan gerabah. Gerabah dari Kasongan ini bahkan sudah dikenal sampai di luar negeri.

Sakin terkenalnya, ada banyak sekali wisatawan dari Mancanegara yang datang berkunjung untuk belanja dan sekedar melihat proses pembuatan gerabah di Kasongan. Jika dulu gerabah yang dibuat hanya diperuntukan untuk kebutuhan rumah tangga, maka saat ini banyak pengrajin yang membuat gerabah untuk kepentingan kesenian yang jauh lebih modern.

Kawasan Kasongan sendiri semakin terkenal setelah salah seorang Seniman ternama asal Yogyakarta, Sapto Hudoyo, mengkomersilkan produk andalan dari Kasongan ini. Dewasa ini banyak dijumpai berbagai motif dari gerabah kasongan, mulai dari guci, patung, peralatan rumah tangga dan lain lain.

Tak hanya itu, beberapa furniture juga dihasilkan dari Kasongan, diantaranya adalah meja, kursi dan meja makan. Produk andalan Kasongan adalah gerabah berbentuk guci, pot bunga dan peralatan rumah tangga. Namu yang paling laris adalah patung Loro Blonyo yang merupakan patung berbentuk sepasang pengantin.

Menurut adat kepercayaan warga setempat, ,jika patung Loro Blonyo diletakan di sebuah rumah, maka penghuni rumah tersebut akan mengalami keberuntungan, diperbanyak rizki, rumah tangganya jadi langgeng dan jarang cekcok dalam rumah tangganya.

Untuk menuju Kasongan, Anda bisa  menggunakan kendaraan umum angkot jurusan Bantul turun di perempatan Kasongan. Jika sudah sampai, Anda bisa mencari jasa ojek agar lebih cepat. Jaraknya kira kira 800 meter dari perempatan Kasongan. Tapi jika Anda ingin berjalan kaki, tempatnya pun sangat asyik untuk ditelusuri.

Selain berjalan kaki, untuk Anda yang ingin ke Kasongan dengan menggunakan kendaraan roda empat pun sangatlah nyaman. Jalannya lumayan lebar dan tempat parker pun tersedia dengan areal yang lumayan luas. Jangan lupa juga untuk menyiapkan kamera terbaik saat  Anda berkunjung ke Kasongan.

как дать рекламу на яндексеhow to become a female escortпримеры оформления ванной комнатытанзанит шахтымикрозаймы с 21 годаtranslate from russian into englishплан продвижение бренда фармацевтическоготурци¤ туры цены 2015 майкилиманджаро входтур африка танзани¤деньги в долг срочно в стерлитамакеоформление кредитной карты альфабанк отзывытуры в мае 2015килиманджаро мачаме185 статья уголовного кодекса украинынабор посуды москвавизиткиюрист вакансии киевразмеры sip панелей.

About the Author

Leave A Response