Berburu Gerabah Cantik di Kasongan Yogyakarta

Kasongan ialah sebuah desa yang letaknya di sebelah selatan dari kota Yogyakarta. Diperkirakan desa tersebut berjarak sekitar 6 km dari pusat kota. Desa tersebut berlokasi tepatnya di daerah pedukuhan Kajen, desa Bangunwijo, Kecamatan kasihan, Bantul.

Desa ini dikenal sebagai desa penghasil gerabah. Gerabah hasil dari desa ini sudah sangat dikenal, bahkan terkenal hingga ke luar negeri. Maka dari itu, jangan heran jika banyak wisatawan yang berasal dari berbagai Negara mengunjungi desa tersebut untuk berbelanja atau melihat proses pembuatan gerabah tersebut.

kasongan

Pada zaman dahulu, desa ini merupakan desa biasa. Bahkan, pada masa penzazahan Belanda, di desa ini terjadi peristiwa dimana seroang kuda milik seorang reserse Belanda mati di wilayah tersebut. Dikarenakan warga ketakutan, maka penduduk melepaskan hak atas tanahnya dengan tidak mengakui jika tanah tersebut bukan miliknya. Pada akhirnya, hak tanah tersebut diambil oleh penduduk dari desa lain.

Nah, dikarenakan mereka tidak lagi memilikil lahan persawahan lagi maka mereka mengisi hari-hari luang mereka dengan membuat berbagai macam peralatan rumah tangga. Tak hanya itu, mereka juga membuat mainan untuk anak-anak dengan bahan tanah liat. Dan pada akhirnya, bakat yang berada di daerah tersebut dilakukan secara turun temurun hingga sekarang.

Nah, seiring dengan zaman yang semakin berkembang, maka gerabah di desa tersebut dibuat lebih modern lagi. Bahkan, setelah seorang seniman Yogyakarta, Sapto Hudoyo memperkenalkan kawasan tersebut pada tahun 1971-1972, maka gerabah tersebut dikomersilkan secara besar-besaran. Pada sekitar tahun 1980-an, produk gerabah tersebut dikomersilkan secara besar-besaran oleh Sahid keramik.

Berbagai motif dan bentuk dari gerabah tersebut dapat dijumpai saat ini. Namun, yang paling banyak dijumpai ialah barang bentuk guci, pot, kursi, meja dan lain sebagainya. Nah, pada saat ini industry tersebut tidak hanya membuat barang yang berbahan tanah liat saja. Dikarenakan produk akan diekspor ke manca Negara maka produk sudah dikembangkan menjadi sentra industry kerajinan yang berkualitas. Salah satu produk yang banyak dicari ialah patung bloro yaitu patung yang bentuknya sepasang pengantin.

продвижение сайта раскрутка тицbecome a female escortбоди люблиноакклиматизация в горахдам деньги в долг под расписку астраханьсоздание имиджа фирмыпромо сайтденьги в долг в брянскегора килиманджаро туры цена перелетаденьги в долг от частного лица калугадам деньги в долг под расписку красноярсктанзани¤ сещонпутевки в танзанию ценабланк договора краткосрочного займаэкскурсионные путевки португалия испаниясковорода керамическая купить москваtranslator in russianзаказать контекстную рекламупосуда купить сочи.

About the Author

Leave A Response