Beberapa Jalur Pendakian Gunung Rinjani Yang Bisa Dilewati

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Yang Bisa Dilewati

Gunung Rinjani merupakan gunung yang mempunyai ketinggian 3726 mdpl yang berstatus masih aktif. Gunung yang juga merupakan gunung tertinggi ke 2 di Indonesia ini, terletak di Provinsi Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini sudah terkenal akan pemandangannya yang mengagumkan, tak heran Gunung Rinjani ini termasuk gunung favorit untuk pendakian para traveller. Di sepanjang jalur pendakian, terdapat danau kecil yang melingkar berwarna bening kebiruan. Untuk anda para pecinta alam yang akan mencoba untuk mendaki Gunung Rinjani ini, berikut ulasan mengenai jalur pendakian Gunung Rinjani yang bisa anda lewati untuk sampai ke puncak gunung Rinjani :

  1. Jalur Senaru

Jalur Senaru adalah jalur pendakian yang paling umum digunakan oleh para pendaki. Selain ramai karena sering digunakan untuk jalur wisata trecking, jalur ini juga di gunakan sebagai jalur pendakian oleh masyarakat adat setempat, yang akan melakukan ritual keagamaan di Puncak Gunung Rinjani maupun di Danau Segara Anak. Jalur pendakian Gunung Rinjani yang melewati jalur senaru ini berute Senaru – Pelawangan Senaru – Danau Segara Anak. Perjalanan tersebut ditempuh selama kurang lebih 10-12 jam dengan melewati trail wisata yang berada di hutan. Di sepanjang trail-trail wisata tersebut terdapat tempat peristirahatan pada setiap posnya. Tak hanya itu, pada setiap hamparan pemandangan yang anda lihat, anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah yang luar biasa.

Setelah sampai di Danau Segara Anak, anda harus menuju ke Pelawangan Sembalun yang memakan waktu sekitar 4 jam, dan biasanya para pendaki melakukan perjalanannya pada pukul 2 dini hari. Hal ini di maksudkan agar pada pagi harinya mereka dapat menikmati sunrise dari Puncak Gunung Rinjani. Untuk Pelawangan Sembalun menuju ke puncak Gunung Rinjani di perlukan waktu 4-5 jam.

  1. Jalur Sembalun

Jalur pendakian Gunung Rinjani yang selanjutnya anda bisa melewati rute perjalanan Gerbang Sembalun Lawang – Pelawangan Sembalun – Puncak Gunung Rinjani. Waktu tempuh untuk menuju puncak gunung anda memerlukan waktu 9-10 jam. Jalur ini merupakan jalur yang terlalu ekstrim, karena di setiap perjalanannya terdapat berbagai trecking yang curam. Namun, jika anda mempunyai nyali yang cukup besar saat anda melewati jalur ini, anda akan menjumpai hamparan padang savana dan juga lembah hijau di sebelah timur gunung. Tak hanya itu mata anda akan dimanjakan dengan indahnya pegunungan dan Pulau Sumbawa dari kejauhan. Setelah anda sampai di Puncak Gunung Rinjani, anda dapat beristirahat sejenak sembari menikmati keindahan alam yang mempesona di puncak Gunung Rinjani.

Itulah beberapa Jalur pendakian Gunung Rinjani yang bisa anda lewati untuk mencapai puncak gunung tersebut. Untuk memperoleh informasi yang akurat, anda bisa mendatangi Pusat Pendakian Terpadu (Rinjani Trade Centre) yang bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Rinjani. Selamat berpetualang.

About the Author