Beranda » Korea » 4 Pasar Tradisional Unik Yang Wajib Dikunjungi di Seoul

Liburan ke Korea Selatan tepatnya ke Kota Seoul, tidak afdol rasanya kalau tidak mampir ke pasar tradisional yang ada di Seoul. Jadi PengenLiburan.com akan merekomendasikan pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Seoul. Dari 4 pasar yang kami rekomendasikan ini punya keunikan tersendiri, ada yang khusus kulineran, toko-toko grosiran fashion, obat-obatan herbal tradisional korea, dan ada juga yang menjadi sentra butik. Berikut adalah 4 pasar tradisional yang Pengenliburan.com rekomendasikan:

1.  Pasar Tongin

a. Apa yang unik dari pasar ini?
Yang unik dari Pasar Tongin atau Tongin Market ini yaitu anda menggunakan yeopjeon atau koin zaman dahulu untuk melakukan transaksi. Yeopjeon sendiri bisa anda dapatkan dengan menukarkan uang sebesar 500 Won atau setara dengan 7000 Rupiah untuk satu koinnya. Namun bagi anda yang kesulitan dalam menukar, tidak perlu khawatir. Beberapa toko masih menerima uang Won biasa. Pasar ini mengusung konsep Dosirak ini menjual jajanan khas Korea yang enak. Dosirak sendiri memiliki artian ‘bekal’ dalam bahasa Indonesai. Pengunjung diberikan nampan makanan dan memiliki kebebasan berkeliling mengisi nampan tersebut.

b. Apa yang harus anda beli di pasar ini?
Jajanan yang sangat beragam, seperti Japchae, Tteokgalbi, Dalgyalmari, Gwakgane Eumsik, Gireumtteoppoki, semua menu tersebut bisa didapatkan rata-rata dengan harga 1 sampai 2 koin. Anda juga dapat barang barang yang tidak terduga untuk oleh-oleh disini seperti kipas lipat atau celana dengan motif bunga.

Alamat: Jahanmuro 15 gil 18, Jongro-gu, Seoul
Open Hours: 07:00 – 21.00, tutup hari minggu pada minggu ketiga setiap bulan 

2.  Pasar Namdaemun

a. Apa yang unik dari pasar ini?
Pasar Namdaemun merupakan pasar yang terbesar dan tertua di Korea Selatan ini mulai beroperasi sejak tahun 1414, namun direnovasi besar-besaran pada tahun 1946 dan dibuka lagi pada tahun 1964. Namdaemun disebut sebagai pasar yang serba ada, mulai dari pakaian, makanan, kebutuhan sehari-hari, aksesoris, kerajinan tangan, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.

b. Apa yang harus anda beli di pasar ini?
Bagi anda yang ingin belanja oleh-oleh seperti gantungan kunci dan souvenir lain khas korea, pasar ini menawarkan dengan harga yang murah. Untuk kuliner, Galchijorim (Ikan yang dipotong pendek dan direbus dengan saus) merupakan favorit di pasar ini.

fashionkorea.glosiran.com

Alamat: Namdaemunsijang 4 gil 21, Jung-gu, Seoul
Open Hours: 00.00 – 23.00 (berbeda-beda setiap toko) Tutup pada hari minggu

3.  Pasar Yangnyeong

a. Apa yang unik dari pasar ini?
Bagi anda yang penasaran praktek pengobatan dan obat-obatan tradisional dari Korea, tempat ini jadi destinasi tepat. Di Pasar ini terdapat Hanyakbang atau tempat yang menawarkan obat-obatan yang terbuat dari ramuan dedaunan oriental dan lainnya dan juga untuk merasakan pengalaman belajar tentang pengobatan tradisional korea seperti prinsip dasar dan pengecekan fisik. Terdapat pula Hanbang Cafes yang menawarkan berbagai jenis teh yang dibuat dengan ramuan dedauan yang memberikan berbagai macam manfaat pula.

b. Apa yang harus anda beli di pasar ini?
Teh 5 rasa Omija bagus bagi anda yang batuk atau ssangwacha (obat-obatan herbal seperti angelica dan cinnamon yang direbus) yang dapat menghangatkan tubuh saat musim dingin tiba.

Source: english.visitkorea.or.kr
© english.visitkorea.or.kr

Alamat: Yangnyeongjungang-ro 10, Dongdaemun-gu, Seoul
Open Hours: Setiap hari jam 09:00 – 18:00

4.  Pasar Gwangjang

a. Apa yang unik dari pasar ini?
Pasar ini merupakan sentra kain dan tekstil tertua di Korea Selatan. Anda wajib mengunjungi pasar ini bagi yan ingin membeli Hanbok atau pakaian khas tradisional Korea yang bisa anda temukan di lantai dua pasar ini. Setelah anda mendapatkan apa anda inginkan di lantai dua, sebaiknya anda melanjutkan ke area makanan yang berada di pusat pasar. 

b. Apa yang harus anda beli di pasar ini?
Di Gwangjang ini anda dapat membelikan Hanbok sebagai oleh oleh untuk keluarga, saudara ataupun untuk teman-teman anda. Jika anda teliti, anda akan menemukan harga yang bersahabat. Bagi penggemar kuliner, dipasar ini terdapat Mayakkimbap (Nasi yang digulung dengan rumput laut), makanan ini sangat mirip dengan Sushi makanan dari Jepang.

Source: Dayre.me
© dayre.me
Pasar Gwangjang

Alamat: Changyeonggung-ro 88, Jongro-gu, Seoul
Open Hours: 09:00 – 18:00, tutup pada hari minggu

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.